BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Lazada

Kaum Mumpung-mumpung, Maksimalkan Penawaran Terbaik Lazada untuk Belanja Aneka Kebutuhan Ramadhan

Kompas.com - 28/03/2024, 14:02 WIB
Yakob Arfin Tyas Sasongko,
Aditya Mulyawan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Bulan suci Ramadhan menjadi momentum yang dinanti oleh setiap umat Islam seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Berbagai persiapan pun dilakukan agar ibadah selama Ramadhan berlangsung lancar dan penuh khidmat, mulai dari menyiapkan kebutuhan untuk berpuasa hingga menyambut hari raya Idul Fitri.

Setiap momentum Ramadhan, industri ritel mengantisipasi kenaikan transaksi belanja konsumen. Di sisi lain, konsumen di Tanah Air pun kian cerdas dalam melakukan persiapan dan perencanaan belanja. Khususnya, dengan memanfaatkan berbagai penawaran menarik.

Oleh karena itu, pada tahun ini, Lazada Indonesia menghadirkan keunikan bagi konsumen dalam memenuhi kebutuhan selama Ramadhan serta menjelang Idul Fitri.

Penawaran tersebut dapat dioptimalkan “kaum mumpung-mumpung” yang tak ingin melewatkan berbagai kesempatan untuk belanja, termasuk untuk memenuhi kebutuhan barang groceries selama Ramadhan.

Perilaku tersebut tergambar dari hasil survei yang dilakukan Lazada terhadap 600 responden berusia 19 hingga 35 tahun. Berdasarkan survei tersebut, sebanyak 95 persen responden aktif saat ini gencar mencari info diskon atau promo belanja selama Ramadhan, terutama melalui platform belanja online.

Baca juga: Biar Makin Hemat, Manfaatkan Voucer Belanja Lazada Ramadhan Sale untuk Belanja Kebutuhan Ibu dan Anak

Temuan itu pun selaras dengan riset perilaku konsumen yang dilakukan Google. Pada riset tersebut, sebanyak 93 persen pembelian yang terjadi selama Ramadhan telah direncanakan secara matang oleh konsumen.

Head of Operations Lazada Indonesia Amelia Tediarjo mengatakan, Ramadhan menjadi salah satu momen dengan peningkatan transaksi yang signifikan.

“Kami memahami konsumen saat ini semakin terencana dalam berbelanja kebutuhannya di bulan Ramadhan. Berdasarkan hasil survei yang kami lakukan, lebih dari 80 persen responden mengatakan perencanaan berbelanja kebutuhan Ramadhan dilakukan satu sampai dua minggu sebelum memasuki puasa,” ujar Amelia dalam keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Selasa (26/3/2024).

Amel juga memaparkan bahwa peningkatan transaksi tersebut disebabkan oleh kebutuhan yang kian bertambah dan berubah selama bulan Ramadhan.

“Kebutuhan rumah tangga merupakan kategori yang menjadi favorit masyarakat untuk berbelanja jelang persiapan Ramadhan dengan persentase sebanyak 74,5 persen,” terangnya.

Baca juga: Semarakkan Ramadhan, Lazada Beri Penawaran Terbaik untuk Kaum Mumpung-mumpung sekaligus Berdayakan Seller

Pada minggu berikutnya, imbuh Amelia, jenis kebutuhan konsumen pun semakin luas merambah kategori fesyen serta perlengkapan mudik.

Ia melanjutkan, sejumlah groceries yang dibutuhkan konsumen selama Ramadhan di antaranya adalah kecap manis, kental manis, sereal, susu UHT, susu bubuk, dan keju.

Sementara itu, produk rumah tangga lain yang banyak diburu konsumen meliputi sabun cuci piring, pewangi ruangan, serta pelembut dan pewangi pakaian.

Untuk itu, Lazada mengajak konsumen dapat memilah informasi serta memanfaatkan berbagai promo dan diskon menarik yang dihadirkan Lazada. Salah satunya, Ramadhan Sale yang berlangsung selama 8 Maret hingga 8 April 2024.

Selain menghadirkan promo menarik, konsumen juga dapat bermain Lucky Egg melalui aplikasi Lazada dan memenangkan satu paket umrah gratis. Khusus selama periode Mega Sale, terdapat lima paket umrah premium yang dapat dimenangkan setiap hari.

Ragam penawaran kebutuhan pokok

Untuk mengantisipasi lonjakan pembelian pada Maret 2024, Lazada menghadirkan berbagai penawaran yang dapat ditemukan. Salah satunya, kampanye Lazada Sale 3.3 yang dapat dimanfaatkan konsumen untuk pemenuhan kebutuhan pokok dan harian.

Dalam penawaran tersebut, produk-produk ibu dan anak, seperti popok dalam jumlah besar dan susu siap saji, menjadi produk paling diminati. Selain itu, diikuti pula dengan produk perawatan pribadi, seperti sampo dan sabun.

Baca juga: Raih Keuntungan Berlipat Saat Ramadhan, Ini 6 Jurus Jitu Dongkrak Penjualan di Lazada

“Setelah memenuhi kebutuhan pokok dan harian, kebutuhan konsumen menjelang persiapan puasa dan di minggu-minggu pertama Lazada bergeser dengan kebutuhan rumah tangga menjadi kategori favorit,” kata Amelia.

Penawaran Lazada pun berlanjut dengan menghadirkan Ramadhan Sale. Lewat promo ini, konsumen dapat menikmati diskon hingga 50 persen serta voucer bonus hingga Rp 1 juta.

Tak kalah menarik, pelanggan setia Lazada bisa mendapatkan penawaran terbaik pada periode puncak Mega Sale Ramadhan yang dimulai pada 24–31 Maret 2024 pukul 20.00 WIB.

Selain itu, tersedia pula diskon hingga 75 persen, voucer bonus hingga Rp 1,4 juta, serta gratis ongkos kirim (ongkir) tanpa minimal pembelian se-Indonesia.

Konsumen juga bisa mendapatkan berbagai penawaran spesial khusus sepanjang Ramadhan melalui aplikasi Lazada.

Baca juga: Inspirasi di Hari Perempuan Internasional 2024 dari Kisah Ibu Rumah Tangga yang Sukses Jual Alat Pancing di Lazada

Salah satu penawaran tersebut adalah voucer potongan harga hingga 50 persen di LazMall Daily yang dapat dikumpulkan melalui aplikasi Lazada setiap hari pukul 03.00 WIB saat sahur. Voucer ini dapat digunakan dalam pembelian berbagai kebutuhan pokok yang biasanya populer untuk persiapan sahur dan berbuka.

Ada berbagai brand yang memberikan voucer spesial potongan 50 persen tambahan, seperti susu UHT Ultrajaya, kental manis Frisian Flag, pelembut dan pewangi pakaian Downy, serta pewangi ruangan Stella.

Ada pula penawaran khusus berupa promo beli 1 gratis 1 untuk sejumlah produk yaitu sereal Millo Ball yang berhadiah gratis sereal Honey Star, sabun cuci piring Ekonomi pouch 600 ml dan 1.500 ml, kecap Bango, keju Prochiz, dan kaldu penyedap Sasa untuk produk sambal botolnya.

Tidak hanya itu, Lazada juga menghadirkan LazFlash dengan penawaran 1 unit mobil dan 6 unit motor seharga hanya Rp 1. Selain memberikan kesempatan untuk memenangkan paket umrah, LazFlash juga memungkinkan konsumen membeli motor dan mobil dengan harga Rp 1 per unit setiap harinya selama periode promo puncak Ramadhan Mega Sale.

Baca juga: Perkuat Penjualan Fesyen Lokal, Lazada Gandeng Ratusan UKM Cirebon

Lazada juga mengadakan Seller Conference pada 13 Maret 2024 yang dihadiri oleh lebih dari 700 seller. Kegiatan ini ditujukan untuk memberikan pengetahuan, strategi, serta meningkatkan kolaborasi guna memaksimalkan penjualan selama Ramadhan lewat berbagai workshop yang dihadiri oleh trainer kenamaan Rika Yeo.

Pada kesempatan tersebut, Rika Yeo berbagi insight mengenai tips dan trik berjualan yang dapat diaplikasikan oleh seller.

“Seluruh rangkaian ini merupakan bentuk komitmen Lazada. Tidak hanya kepada para konsumen, tetapi juga memberdayakan brand lokal Indonesia. (Kami juga) memberikan kesempatan kepada pemilik brand untuk mengoptimalkan momentum Ramadhan guna meningkatkan keuntungan dan pertumbuhan bisnis mereka,” kata Amelia.


komentar di artikel lainnya
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com