Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Urutan 10 Mata Uang Tertinggi di Dunia, Dollar AS Peringkat Ke-10

Kompas.com - 03/04/2024, 11:29 WIB
Muhammad Idris

Penulis

KOMPAS.com - Apa mata uang dengan nilai tertinggi di dunia? Sebagian orang barangkali akan menyebut pound sterling milik Inggris, Euro dari Uni Eropa, atau bahkan dollar Amerika Serikat (AS).

Dikutip dari Forbes, mata uang tertinggi di dunia selama puluhan tahun dipegang oleh dinar Kuwait. Nilai tersebut diukur dari seberapa kuat nilai tukarnya dibandingkan dengan mata uang negara lainnya.

Banyak anggapan, dollar AS dipandang sebagai mata uang dunia paling kuat, dan tentunya merupakan mata uang yang paling banyak diperdagangkan secara global.

AS merupakan negara dengan perekonomian terbesar di dunia, tetapi hal ini tidak secara otomatis mempengaruhi nilai mata uang. Lalu, apa mata uang tertinggi di dunia?

Baca juga: Nama Mata Uang Inggris Saat Ini dan Sejarah Lengkapnya

Mata uang tertinggi di dunia

Berikut ini daftar mata uang tertinggi di dunia berdasarkan nilai tukarnya:

1. Dinar Kuwait (KWD)

Dinar Kuwait adalah mata uang tertinggi di dunia, di mana 1 dinar Kuwait setara dengan 3,25 dollar AS. Apabila dikonversi ke rupiah dengan kurs saat ini, setiap 1 dinar Kuwait setara sama dengan Rp 51.743.

Ada banyak faktor kenapa KWD menjadi memegang kurs tertinggi mata uang. Kuwait terletak di antara Arab Saudi dan Irak, memperoleh sebagian besar kekayaannya dari menjadi eksportir minyak. Dinar Kuwait diperkenalkan pada tahun 1960-an dan awalnya dipatok ke pound Inggris.

2. Dinar Bahrain (BHD)

Dinar Bahrain adalah mata uang tertinggi kedua di dunia dengan 1 dinar Bahrain membeli 2,65 dollar AS (atau 1 dollar AS sama dengan 0,38 dinar Bahrain).

Bahrain adalah sebuah negara kepulauan di Teluk Persia di lepas pantai Arab Saudi. Seperti Kuwait, negara ini memperoleh sebagian besar kekayaannya dari ekspor minyak dan gas. Dinar Bahrain mulai beredar pada tahun 1965 dan awalnya dipatok terhadap dollar AS.

Baca juga: Apa Mata Uang Thailand?

3. Rial Oman (OMR)

Rial Oman adalah mata uang mata uang tertinggi ketiga di dunia dengan 1 Rial Oman bisa membeli 2,60 dollar AS (atau 1 dollar AS sama dengan 0,38 Rial Oman).

Oman terletak di antara Uni Emirat Arab dan Yaman di ujung semenanjung Arab. Seperti negara tetangganya yang kaya lainnya, Oman adalah eksportir utama minyak dan gas. Rial Oman diperkenalkan pada tahun 1970-an.

4. Dinar Yordania (JOD)

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com