Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mudik Lebaran, PLN Siapkan 5 SPKLU Keliling

Kompas.com - 03/04/2024, 20:40 WIB
Yohana Artha Uly,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT PLN (Persero) menyiapkan 5 stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU) mobile selama masa libur Lebaran. SPKLU keliling ini untuk memenuhi kebutuhan pemudik yang memakai kendaraan listrik.

"Ada 5 SPKLU mobile nanti yang bisa diupayakan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang belum menjangkau SPKLU terdekat," ujar VP Pengendalian Operasi Sistem Ketenagalistrikan PLN Nurdin Pabi dalam konferensi pers di Kantor BPH Migas, Jakarta, Rabu (3/4/2024).

Ia menuturkan, SPKLU keliling disiapkan di jalur mudik Jawa Tengah dan Jawa Barat. Lantaran, jalur mudik di wilayah tersebut cukup padat sehingga mengantisipasi adanya kebutuhan mendesak untuk charging di tengah jalan.

Baca juga: KAI: 2,3 Juta Tiket Mudik Lebaran 2024 Habis Terjual

"SPKLU mobile ada di Jawa tengah dan Jawa Barat, dan ini sudah kita antisipasi jalur mudik," imbuhnya.

Selain SPKLU keliling, PLN juga menyiapkan 1.299 SPKLU yang tersebar di seluruh Indonesia, yang mana di antaranya sebanyak 175 merupakan SPKLU baru. SPKLU ini tersedia di kantor-kantor PLN, hotel, hingga jalan tol.

"Jadi SPKLU baru itu dominan di jalan tol, untuk antisiapasi pelaksanaan mudik ini jangan sampai masyarakat yang menggunakan kendaraan listrik was-was karena habis energi di tengah jalan," ungkap Nurdin.

Sementara itu, Direktur Teknik dan Lingkungan Ketenagalistrikan Kementerian ESDM, Mohamad Priharto Dwinugroho mengatakan, SPKLU yang disediakan umumnya berjarak sekitar 23 kilometer satu sama lain.

Jarak itu dinilai cukup karena rata-rata jarak tempuh kendaraan listrik mencapai 300-350 kilometer.  "Kita berharap semua akan berjalan dengan normal," katanya.

Adapun SPKLU yang tersedia mencakup beberapa jenis mulai dari ultra fast charger, fast charger, medium charger, hingg slow charger.

Untuk mengecek lokasi SPKLU yang tersedia bisa dilakukan melalui aplikasi PLN Mobile. Pada aplikasi ini tidak hanya menunjukkan lokasi, tetapi juga kondisi SPKLU sedang digunakan atau tidak, sehingga bisa dipantau oleh pemudik.

Sementara untuk pengaduan terkait penggunaan SPKLU, PLN menyediakan call center di nomor 123 atau Whatsapp di nomor 087-771-112-123.

Baca juga: Simak 2 Cara Mencari Lokasi SPKLU Terdekat secara Online

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com