Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Mata Uang Filipina dan Nilai Tukarnya ke Rupiah

Kompas.com - 05/04/2024, 13:01 WIB
Muhammad Idris

Penulis

KOMPAS.com - Mata uang Filipina adalah peso yang memiliki kode PHP. Mata uang negara Filipina ini biasanya dilambangkan dengan kode "?".

Nilai tukar Peso Filipina terhadap mata uang lainnya bisa bervariasi sesuai dengan kondisi pasar. Pada tahun 2022, nilai tukar Peso Filipina berkisar sekitar 48-50 PHP per dolar Amerika Serikat.

Sementara untuk konversi mata uang Filipina ke rupiah saat ini adalah Rp 280 untuk setiap 1 peso. Ilustrasi lainnya, 100 peso setara dengan Rp 28.000.

Satu Peso Filipina terbagi menjadi 100 sentimos atau centavos. Koin dan uang kertas yang berbeda denominasi dikeluarkan oleh bank sentral Filipina, Bangko Sentral ng Pilipinas (BSP).

Contoh mata uang Filipina 1.000 peso.Bangko Sentral ng Pilipinas (BSP) Contoh mata uang Filipina 1.000 peso.

Baca juga: Mengenal Mata Uang Taiwan dan Nilai Tukarnya ke Rupiah

Mengenal mata uang Filipina

Dikutip dari laman resmi BSP, sebelum Spanyol datang ke Filipina, penduduk Filipina sudah aktif berdagang dengan tetangganya seperti Cina, Jawa, Kalimantan, dan Thailand dimana transaksi dilakukan melalui barter.

Ketidaknyamanan sistem barter menyebabkan diadopsinya alat tukar berbentuk mirip cangkang yang disebut dengan cowry. Cowry yang diproduksi dari emas, batu giok, kuarsa, dan kayu menjadi bentuk uang yang paling umum dan dapat diterima selama berabad-abad.

Karena Filipina kaya akan emas, pada zaman dahulu emas digunakan untuk barter cincin, perhiasan pribadi, perhiasan, dan mata uang lokal pertama yang disebut Piloncitos.

Baca juga: Mata Uang China, Sejarah, dan Nilai Tukarnya ke Rupiah

Lalu setelah Spanyol datang, mereka memperkenalkan mata yang baru dengan koin. Koin yang dipakai sebagai mata uang Filipina paling awal dibawa oleh kapal-kapal Spanyol dari Meksiko dan koloni Spanyol lainnya.

Nama koin ini adalah dos mundos. Koin perak ini biasanya memiliki salib di satu sisi dan lambang kerajaan Spanyol di sisi lain.

Dos mundos Spanyol diedarkan secara luas tidak hanya di Filipina tetapi juga di seluruh dunia pada tahun 1732-1772. Dihargai karena keindahan desainnya, koin ini menampilkan bola-bola bermahkota kembar yang melambangkan kekuasaan Spanyol atas Dunia Lama dan Dunia Baru, oleh karena itu dinamakan koin "dua dunia".

Baca juga: Nama Mata Uang Inggris Saat Ini dan Sejarah Lengkapnya

Namun karena keterbatasan koin emas, Spanyol kemudian mencetak uang koin dari perunggu yang disebut barilla. Setelahnya, Spanyol kemudian mencetak uang kertas untuk diedarkan di Filipina.

Pasca-kepergian Spayol, Republik Filipina tahun 1898 di bawah Jenderal Emilio Aguinaldo mengeluarkan koin dan mata uang kertasnya sendiri dengan nama peso.

Mata uang negara Filipina Peso digunakan secara luas di Filipina untuk semua jenis transaksi ekonomi, termasuk pembelian barang dan jasa, pembayaran tagihan, dan lain-lain.

Setelah Amerika Serikat mengambil alih kepemilikan Filipina pada tahun 1898, Peso Amerika diperkenalkan dan digunakan hingga 1946.

Pada tahun 1946, ketika Filipina mendapatkan kemerdekaannya dari Amerika Serikat, mata uang negara Filipina peso diperkenalkan sebagai mata uang resmi negara tersebut. Sejak itu, Peso Filipina telah mengalami beberapa kali devaluasi dan reformasi.

Baca juga: Apa Mata Uang Thailand?

Mata uang Filipina ke rupiah

Sebagaimana sudah dijelaskan sebelumnya, mata uang Filipina ke rupiah menggunakan nilai tukar sekarang adalah berkisar Rp 280 untuk setiap 1 peso.

Sementara bila dikonversikan ke dollar AS, maka setiap 1 peso mata uang Filipina bernilai sama dengan 0,018 dollar AS. Atau sebaliknya, 1 dollar AS setara dengan 56,66 peso.

Nilai tukar Peso Filipina terhadap mata uang lainnya bisa bervariasi sesuai dengan kondisi pasar. Pada tahun 2022, nilai tukar Peso Filipina berkisar sekitar 48-50 PHP per dollar Amerika Serikat.

Jadi sudah tahu kan apa mata uang Filipina saat ini?

Mata uang Filipina dengan nominal 500 peso.Bangko Sentral ng Pilipinas (BSP) Mata uang Filipina dengan nominal 500 peso.

Baca juga: Urutan 10 Mata Uang Tertinggi di Dunia, Dollar AS Peringkat Ke-10

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com