Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Memilih Bank untuk KPR agar Tidak Menyesal

Kompas.com - 12/04/2024, 06:41 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber Forbes

JAKARTA, KOMPAS.com - Memilih bank untuk kredit pemilikan rumah (KPR) tidak boleh sembarangan. Ini bukan hanya soal tingkat bunga yang menarik, namun penting juga untuk memastikan Anda merasa nyaman dengan bank penyedia KPR.

Dikutip dari Forbes, Jumat (12/4/2024), meskipun secara umum proses pengajuan KPR hampir sama di semua bank, ada beberapa perbedaan yang dapat memengaruhi biaya yang dikenakan kepada dan layanan yang Anda terima yang patut dipertimbangkan.

Dengan begitu banyak pilihan bank penyedia KPR yang tersedia, Anda mungkin merasa kewalahan. Berikut beberapa tips memilih bank untuk KPR agar tidak menyesal di kemudian hari. 

Baca juga: Gaet Milenial dan Gen Z, BTN Tawarkan Promo Bunga KPR Murah hingga Juni 2024

Ilustrasi perjanjian kredit, kredit pemilikan rumah (KPR). SHUTTERSTOCK/STASIQUE Ilustrasi perjanjian kredit, kredit pemilikan rumah (KPR).

1. Identifikasi persyaratan KPR

Sebelum Anda dapat memilih bank untuk KPR yang tepat, Anda perlu mengetahui apa yang Anda inginkan dalam KPR. Apakah Anda mencari KPR dengan jangka waktu 30 tahun atau 15 tahun?

Apakah Anda menginginkan KPR dengan suku bunga tetap alias fix atau suku bunga yang dapat disesuaikan? Apakah Anda memenuhi syarat untuk mendapatkan KPR subsidi, misalnya?

Setelah Anda mengetahui detail ini, Anda dapat dengan cepat menyaring bank yang tidak menawarkan produk KPR yang Anda inginkan.

2. Mintalah referensi dari teman dan keluarga

Ulasan online memang membantu, tetapi jangan mengabaikan saran dari keluarga dan teman. Tanyakan kepada mereka tentang bank yang dipilih untuk mendapatkan KPR.

Baca juga: KPR adalah Apa? Ini Pengertian, Jenis, dan Syaratnya

Anda mungkin mendapatkan informasi penting tentang bank mana yang harus dipilih dan mana yang harus dihindari.

3. Bicaralah dengan banyak bank

Meskipun berbicara dengan satu bank mungkin lebih mudah, Anda harus menebar jaring yang luas. Mungkin tersedia pilihan yang lebih cocok, tetapi Anda tidak akan tahu sampai Anda berbicara dengan beberapa bank.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com