Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gandeng Asosiasi Pengembang, Bank Mandiri Genjot Penyaluran KPR

Kompas.com - 15/03/2024, 21:45 WIB
Agustinus Rangga Respati,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Mandiri Tbk meggandeng Asosiasi Pengembang Perumahan dan Permukiman Seluruh Indonesia (APERSI) untuk mempermudah akses kepemilikan rumah bagi nasabah.

Direktur Jaringan & Retail Banking Bank Mandiri Aquarius Rudianto mengatakan, kolaborasi ini menjadi upaya Bank Mandiri untuk memenuhi seluruh kebutuhan pemangku kepentingan, termasuk dalam hal ini terkait pembangunan properti dan fasilitas pembiayaan kredit perumahan.

“Ini adalah upaya kami yang signifikan untuk menyediakan solusi inovatif bagi masyarakat dengan memaksimalkan potensi dan peluang yang ada,” kata Aquarius dalam keterangan resmi, Jumat (15/3/2024).

Baca juga: Cerita Sandiaga Uno Ambil KPR di Singapura Berjangka 30 Tahun

Ilustrasi membeli rumah. Dok. Freepik Ilustrasi membeli rumah.

Sedikit catatan, APERSI merupakan salah satu asosiasi pengembang dengan total lebih dari 3.500 pengembang dan 27 DPD yang tersebar di seluruh Indonesia.

APERSI memiliki kontribusi penyediaan dan penyaluran perumahan subsidi yang mencapai 66.000 unit di 2023.

Hal itu selaras dengan Bank Mandiri sebagai salah satu perusahaan BUMN, yang sejak awal berupaya membantu memenuhi kebutuhan hunian masyarakat melalui penyaluran Kredit Pemilikan Rakyat (KPR), baik subsidi maupun non-subsidi.

"Tanpa terkecuali pemenuhan kebutuhan rumah bersubsidi bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) melalui penyaluran KPR FLPP," imbuh Aquarius.

Baca juga: Kementerian PUPR Pastikan Bunga KPR Subsidi Tetap 5 Persen

Adapun, sepanjang 2023 Bank Mandiri telah menyalurkan 3.684 unit KPR berskema FLPP. Lewat kolaborasi dengan APERSI, Bank Mandiri optimis penyaluran KPR FLPP dapat terus ditingkatkan untuk mengurangi backlog perumahan di Indonesia.

Dalam mewujudkan hal ini, bank berkode emiten BMRI ini juga memanfaatkan platform digital untuk memasarkan KPR dan menghadirkan solusi kebutuhan transaksi bagi masyarakat melalui Super Apps Livin’ by Mandiri.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com