Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Catat, Penukaran Uang Rupiah di Kas Keliling BI Maksimal Rp 4 Juta

Kompas.com - 15/03/2024, 21:15 WIB
Agustinus Rangga Respati,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Indonesia (BI) menyediakan paket penukaran uang rupiah maksimal hingga Rp 4 juta pada momen Ramadhan dan Idul Fitri 2024.

Adapun pada tahun lalu paket maksimal penukaran yang dilayani BI senilai Rp 3,8 juta.

Kepala Departemen Pengelolaan Uang Bank Indonesia Marlinson Hakim mengatakan, BI menyiapkan uang layak edar (ULE) sebesar Rp 197,6 triliun untuk memenuhi kebutuhan penukaran uang rupiah pada momen Ramadhan dan Idul Fitri 2024.

Baca juga: Jurus BI Halau Penukaran Uang Pinggir Jalan

Kepala Departemen Pengelolaan Uang Bank Indonesia Marlinson Hakim dalam acara Kick-off Semarak Rupiah Ramadan dan Berkah Idulfitri (SERAMBI 2024), Jumat (15/3/2024).KOMPAS.com/ AGUSTINUS RANGGA RESPATI Kepala Departemen Pengelolaan Uang Bank Indonesia Marlinson Hakim dalam acara Kick-off Semarak Rupiah Ramadan dan Berkah Idulfitri (SERAMBI 2024), Jumat (15/3/2024).

Jumlah ini tumbuh 4,65 persen secara tahunan dibandingkan realisasi tahun lalu senilai Rp 188,8 triliun.

"Ketika Ramadhan dan Idul Fitri menjadi masa uang beredat cukup tinggi, yakni rata-rata sebesar 25 persen dalam satu tahun peredaran," kata dia dalam acara Kick-off Semarak Rupiah Ramadan dan Berkah Idul Fitri (Serambi 2024), Jumat (15/3/2024).

BI sendiri menyediakan 449 titik yang terpublikasi di laman Penukaran dan Tarik Uang Rupiah (PINTAR).

Untuk layanan penukaran uang rupiah baik melalui layanan penukaran terpadu, dan BI peduli mudik, dan kas keliling kecuali kas keliling susur sungai, masyarakat diharapkan memesan penukaran terlebih dulu melalui Aplikasi Penukaran dan Tarik Uang Rupiah (PINTAR).

Baca juga: Cara Pesan dan Tukar Uang Baru Lewat Laman PINTAR BI

"Bagi masyarakat yang ingin menukar dapat membuka layanan di aplikasi PINTAR di mana dan kapan penukaran tersebut. Termasuk yang go show akan kami layani selama ketersediaan masih tersedia," imbuh dia.

Selain penukaran uang rupiah tersebut, BI juga menyediakan layanan tambahan meliputi penukaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Tahun RI (UPK75RI) dan penerimaan penukaran menggunakan uang logam pada kas keliling terpadu.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com