Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BRI Prediksi Pengiriman Uang dari Luar Negeri Bakal Melonjak Selama Ramadhan

Kompas.com - 12/03/2024, 12:40 WIB
Agustinus Rangga Respati,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI memproyeksikan pertumbuhan bisnis pengiriman uang (remitansi) dari luar negeri ke Indonesia selama Ramadhan 2024.

SEVP Treasury and Global Services BRI Achmad Royadi mengatakan, hal tersebut disebabkan dengan masih kentalnya budaya berbagi dengan memberikan tunjangan hari raya (THR) masyarakat Indonesia kepada sanak saudara di kampung halaman.

“Untuk Ramadhan dan Lebaran tahun ini, BRI menargetkan pertumbuhan transaksi sebesar 20-25 persen dibandingkan dengan periode normal," kata dia dalam keterangan resmi, Selasa (12/3/2024).

Baca juga: Simak, Ini Tips Cerdas Mengelola THR

Ia menambahkan, pada awal 2024 bisnis remitansi ini tumbuh 20 persen secara tahunan dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

Achmad menjelaskan, kontribusi terbesar itu disumbang dari negara-negara utama tempat pekerja migran seperti Arab Saudi, Jepang, Korea Selatan, dan Taiwan.

"Selama ini, BRI hadir memenuhi kebutuhan layanan perbankan nasabah, termasuk Pekerja Migran Indonesia (PMI) di luar negeri," imbuh dia.

BRIFast Remittance dapat memfasilitasi counterpart BRI melalui beberapa opsi pengiriman uang untuk para konsumen, khususnya para PMI.

PMI bisa memilih beberapa jenis mekanisme pengiriman, antara lain mengirimkan uang langsung ke rekening bank, serta mengirimkan dengan mekanisme ambil tunai tanpa tanpa rekening (BRIFast Cash).

Di sisi lain, untuk memfasilitasi kebutuhan nasabah dalam melakukan pengiriman dana dari Indonesia ke negara lain (outward remittance), BRI juga menghadirkan layanan Fitur Transfer Internasional melalui digital banking BRImo dan memantau status transaksi pengiriman melalui BRIfast Tracker.

Baca juga: Menaker Instruksikan Jajarannya untuk Pastikan Pengusaha Bayar THR Tepat Waktu

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com