Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS

Sambut HUT Ke-28, Elnusa Petrofin Kembali Gelar Khitanan Massal dan Edukasi Peduli Lingkungan

Kompas.com - 29/06/2024, 19:36 WIB
Yogarta Awawa Prabaning Arka,
Agung Dwi E

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Salah satu anak usaha dari PT Elnusa Tbk (ELSA), PT Elnusa Petrofin (EPN), menyelenggarakan khitanan massal di Integrated Terminal Banjarmasin, Sabtu (29/06/2024).

Kegiatan tersebut merupakan bagian dari corporate social responsibility (CSR) dalam rangka menyambut hari ulang tahun (HUT) ke-28 perusahaan serta penerapan environmental, social, and governance (ESG) pada aspek sosial.

Antusiasme masyarakat dalam mengikuti khitanan massal terlihat dari ratusan peserta yang mengikuti acara. Selain warga Kuin Cerucuk, khitanan massal juga diikuti anak-anak awak mobil tangki (AMT) Elnusa Petrofin yang berusia 4 hingga 12 tahun.

Baca juga: Elnusa Teken Kontrak Hulu Migas Layanan Pendukung Pengeboran Senilai Total 106 Juta Dollar AS

Senior Manager Human Capital Dian Indra Bintoro mengatakan, program khitanan massal menjadi salah satu bentuk apresiasi perusahaan terhadap pekerja dan masyarakat yang terus mendukung kegiatan bisnis EPN.

“Kami menyadari, EPN tidak dapat bertahan hingga kini tanpa dukungan pekerja dan masyarakat setempat," ujar Bintoro dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Sabtu (29/6/2024).

Bintoro memaparkan, salah satu tujuan EPN mengadakan acara tersebut adalah untuk membuat anak-anak di ring 1 perusahaan sebagai generasi yang bersih, sehat, dan hebat. Ia berharap, program ini dapat mengapresiasi pekerja untuk peningkatan produktivitas kerja serta loyalitas pekerja.

“Program itu juga diharapkan dapat memberikan kenyamanan yang berdampak pada keluarga di lingkungan EPN,” tambahnya.

Baca juga: Masuk ke Beberapa Indeks Saham Syariah, Elnusa Terus Tingkatkan Transparansi Kinerja

Selain khitanan massal, EPN mengajak anak-anak dan orangtua peserta untuk lebih sadar lingkungan melalui program tukar botol kemasan sekali pakai dengan ice cream. Anak usaha ELSA ini juga mengedukasi anak-anak dan orangtua terkait pengolahan sampah yang tepat.

Manager Corporate Communication and Relation EPN Putiarsa Bagus Wibowo menilai, kesadaran menjaga lingkungan tidak akan tercapai tanpa upaya nyata menjaga lingkungan agar tetap asri.

“Oleh karena itu, EPN menghadirkan program tersebut dalam mendukung penerapan aspek ESG lain dalam kegiatan perusahaan, yakni environmental," kata Putiarsa.

Putiarsa melanjutkan, kegiatan tersebut merupakan komitmen perusahaan untuk berperan dalam pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs), khususnya Poin 3 dan 12, yakni Kehidupan Sehat dan Sejahtera dan Konsumsi serta Produksi yang Bertanggung Jawab.

Elnusa Petrofin menyelenggarakan khitanan massal di Integrated Terminal Banjarmasin. DOK. Elnusa Petrofin Elnusa Petrofin menyelenggarakan khitanan massal di Integrated Terminal Banjarmasin.

Baca juga: Emiten Migas Elnusa Bakal Tebar Dividen Rp 201 Miliar

Sekretaris Camat Banjarmasin Barat Haryanta mengapresiasi EPN yang telah menyelenggarakan program tersebut.

Ia berharap, sinergi EPN dan masyarakat dapat terus terjalin dalam melakukan kegiatan yang berdampak positif dan memajukan lingkungan sekitar.

"Semoga edukasi terkait lingkungan yang diberikan dapat melekat kepada anak-anak dan dapat menuntun mereka untuk terus peduli dan menjaga lingkungan," tutur Haryanta.

Sebagai informasi, EPN telah melaksanakan salah satu program flagship CSR itu sejak 2017 secara rutin. Program ini terselenggara berkat kerja sama EPN dan Klinik Asy-Syaafi Banjarmasin.

Selain jajaran manajemen EPN, kegiatan tersebut juga dihadiri Lurah Kuin Cerucuk Haris Fadilah, SSos serta perwakilan pemerintah dan aparat setempat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com