Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kepanjangan PIN dan Bedanya dengan Password

Kompas.com - 30/06/2024, 00:07 WIB
Muhammad Idris

Penulis

KOMPAS.com - Mungkin banyak yang belum tahu apa kepanjangan PIN. Untuk diketahui saja, PIN kerap digunakan untuk otorisasi keamanan.

Mengutip laman Investopedia, PIN kepanjangan dari personal identification number atau dalam Bahasa Indonesia berarti nomor identifikasi pribadi. Sebutan lain adalah nomor identifikasi rahasia.

PIN adalah kode numerik yang digunakan dalam banyak transaksi keuangan elektronik. Nomor identifikasi pribadi biasanya dikeluarkan sehubungan dengan kartu pembayaran dan biasa digunakan untuk menyelesaikan transaksi.

Fungsi dari PIN adalah untuk menambah keamanan tambahan pada proses transaksi elektronik. Penggunaan PIN paling umum adalah pada penggunaan kartu debit (kartu ATM).

Baca juga: 2 Cara Ganti PIN ATM BRI Tanpa ke Bank, Bisa Lewat HP

PIN memberikan keamanan tambahan pada akun rekening. Ketika seseorang nasabah diberikan kartu debit, mereka diharuskan memilih nomor PIN sendiri. PIN ini lalu harus mereka masukkan setiap kali mereka ingin menarik uang dari ATM dan, seringkali, ketika mereka melakukan pembayaran di berbagai toko merchant melalui EDC.

Karena PIN sama seperti kata sandi, PIN juga digunakan dalam banyak hal lain, seperti keamanan rumah dan telepon seluler. PIN pada dasarnya adalah metode numerik yang digunakan untuk memverifikasi identitas seseorang.

PIN adalah nomor rahasia

PIN biasanya berkisar antara empat hingga enam digit dan diatur oleh bank penerbit kartu melalui sistem pengkodean yang menjadikan setiap PIN unik, atau dipilih sendiri oleh pemegang rekening.

Baca juga: Adakah Cara Mengetahui PIN ATM dari Nomor Kartu ATM

Dalam memilih PIN, disarankan untuk memilih PIN yang sulit ditebak namun juga mudah diingat oleh pemegang rekening. PIN dasar yang pendek tidak disarankan, seperti menggunakan "123" atau angka yang mudah ditebak jika terjadi penipuan.

PIN lain yang kurang disarankan adalah informasi umum, seperti ulang tahun pemegang rekening, ulang tahun pernikahan, atau nomor KTP.

Sangat penting bagi pemegang rekening untuk berhati-hati dalam membagikan atau mengungkapkan nomor identifikasi pribadi mereka untuk mencegah akses yang tidak diinginkan ke rekening bank mereka.

Oleh karena itu, penggunaan nomor PIN dapat membantu transaksi menjadi lebih aman dengan memerlukan lapisan identifikasi tambahan dari pembeli.

PIN biasanya diperlukan sebagai langkah terakhir dalam pembayaran, sehingga memberikan persetujuan kepada pedagang untuk memproses kartu pembayaran. PIN biasanya hanya diperlukan oleh pedagang di tempat penjualan, bukan diperlukan untuk pembelian online.

Baca juga: PIN ATM BRI Berapa Digit?

Arti PIN dan bedanya dengan password

Meskipun PIN dan kata sandi merupakan elemen penting terkait keamanan, ada beberapa perbedaan penting antara PIN dan kata sandi.

Arti PIN biasanya berupa rangkaian angka, sedangkan kata sandi bisa lebih panjang dan berisi kombinasi huruf, angka, dan simbol.

PIN juga biasanya lebih pendek atau biasanya memiliki panjang yang lebih terbatas dibandingkan dengan kata sandi dengan lebih banyak karakter.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com