Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BI: Pengaman Uang Rp 75.000 Gunakan Teknologi Terkini

Kompas.com - 22/08/2020, 07:30 WIB
Fika Nurul Ulya,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Indonesia (BI) telah menerbitkan uang peringatan kemerdekaan (UPK) ke-75 RI. Uang kertas itu dicetak terbatas hanya 75 juta lembar.

BI menggunakan teknologi terkini dalam menjaga keamanan uang Rp 75.000 tersebut. Hal ini bertujuan agar pemalsuan uang sulit dilakukan.

Kepala Departemen Pengelolaan Uang Bank Indonesia, Marlison Hakim mengatakan, unsur pengaman uang rupiah sudah menggunakan teknologi yang tertinggi dan terkini, yang digunakan di negara-negara lain.

Baca juga: Kejar Target Substitusi Impor 35 Persen, Begini Strategi Pemerintah

Bahkan kata dia, belum ditemukan pemalsuan uang yang menggunakan teknologi terkini tersebut.

"Security features (unsur pengaman) UPK lebih detail dan lengkap dengan teknologi terkini yang belum ditemukan pemalsuan sebelumnya," kata Marlison kepada Kompas.com, Jumat (21/8/2020).

Sebelumnya, Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo mengatakan, uang edisi khusus untuk memperingati kemerdekaan ke-75 RI ini dilengkapi unsur pengaman, sehingga pemalsuan uang menjadi semakin sulit.

Dia menuturkan, inovasi tersebut terus dilakukan secara berkala dan terencana. Tujuannya untuk memastikan rupiah tetap menjadi kebanggaan sebagai simbol kedaulatan NKRI.

"Ini sudah dilengkapi unsur pengaman teknologi tinggi terbaru, dan bahan kertas yang lebih tahan lama. Inovasi ini ditujukan agar rupiah semakin dikenali ciri keasliannya, nyaman, dan aman digunakan, dan lebih sulit dipalsukan," kata Perry dalam konferensi pers virtual peluncuran rupiah edisi khusus HUT ke-75 RI, Senin (17/8/2020).

Baca juga: Riwayat Pesawat N250, Kebanggaan Habibie yang Kini Dimuseumkan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com