Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

DAI: Penerapan Online Sistem Bisa Bantu Asuransi Bertumbuh

Kompas.com - 08/10/2020, 21:00 WIB
Kiki Safitri,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Dewan Asuransi Indonesia (DAI) menyebut solusi yang tepat untuk bertahan dalam kondisi yang tidak pasti adalah penerapan sistem online.

Namun, DAI menilai penerapan online sistem harus diimbangi dengan percepatan adaptasi dan inovasi dalam implementasi peralihannya. Dengan begitu, target inklusi keuangan akan lebih mudah tercapai.

“Dalam menghadapi kondisi dan situasi yang terjadi saat ini diperlukan adaptasi proses bisnis dan operasional dalam strategi bisnis perusahaan perasuransian ke depan agar industri dapat bangkit dan tumbuh seperti tahun-tahun sebelumnya,” kata Ketua Dewan Asuransi Indonesia, Hastanto S M Widodo melalui siaran pers, Kamis (8/10/2020).

Baca juga: Mau Traveling? Simak Promo Penerbangan dan Penginapan

Menurut Hastanto, pandemi Covid-19 memberikan dampak kepada penurunan jumlah pendapatan premi yang dialami oleh seluruh sektor perasuransian yang ada.

Jika dibandingkan jumlah pendapatan premi yang diterima year on year, terjadi penurunan sebesar -2,5 persen untuk asuransi jiwa dan penurunan – 0,1 persen untuk asuransi syariah di semester pertama. Demikian juga dengan asuransi umum, yang pada kuartal kedua tahun ini turun -6,1 persen.

Dengan penerapan online sistem pada aktivitas dan operasional perusahaan, inklusi keuangan khususnya asuransi dinilai bisa meningkat dan berkontribusi terhadap perekonomian nasional.

Sementara melalui dorongan dari sisi internal dan eksternal industri perasuransian yang dilakukan saat ini, diharapkan kedepannya penyedia layanan asuransi dapat menciptakan dan memperkenalkan asuransi dengan fitur produk yang mudah dipahami dan dibutuhkan.

Baca juga: Saham BAJA dan KAYU Masuk Pengawasan Bursa

Guna mendorong peningkatan penetrasi asuransi, DAI bersama dengan seluruh asosiasi perasuransian terus menyelenggarakan kegiatan sosialisasi dan edukasi.

Kegiatan yang dilakukan oleh industri perasuransian ini merupakan salah satu bentuk dukungan terhadap kegiatan Bulan Inklusi Keuangan (BIK) yang diselenggarakan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sebagai upaya dalam meningkatkan literasi dan inklusi asuransi.

“Kegiatan ini diharapkan dapat menggambarkan tujuan bersama industri perasuransian dalam meningkatkan pemahaman asuransi, khususnya dalam meningkatkan literasi dan inklusikeuangan untuk mendorong ketersedian akses dan layanan keuangan yang maju dan modern yang bisa menyentuh seluruh lapisan masyarakat di Indonesia,” jelas dia.

Baca juga: Investasi Telkomsel di Gojek Bakal Perkuat Bisnis Digital

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com