Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[TREN WORKLIFE KOMPASIANA] Tip agar Percaya Diri Tampil di Depan Publik | Medsos Pribadi dalam Pekerjaan | Belum Quarter Life Sudah Crisis

Kompas.com - 17/06/2021, 17:34 WIB
Harry Rhamdhani

Penulis

KOMPASIANA---Berbicara di depan publik menjadi kemampuan yang perlu dimiliki setiap orang. Meski tidak mudah, kemampuan berbicara di depan publik bisa dilatih.

Kemampuan berbicara di depan publik menjadi penting, bukan saja sebagai penunjang karier, melainkan penting untuk pribadi seseorang terutama bagi kaum muda saat ini.

Akan tetapi tidak semua orang dapat melakukan hal tersebut. Umumnya, kesulitan seseorang berbicara di depan publik adalah soal kepercayaan diri.

Percaya diri adalah modal dasar dan penting dalam kemampuan berbicara di depan publik. Pasalnya, kepercayaan diri merefleksikan keyakinan, penguasaan materi, dan keinginan yang kuat dari pembicara agar pesan yang dikeluarkan diterima dengan baik oleh pendengar.

Selain mengenai kemampuan berbicara di depan publik ada juga soal kaitannya media sosial dengan pekerjaan serta seputar quarter life crisis.

Berikut konten-konten menarik dan populer di Kompasiana seputar dunia kerja:

1. Lima Tip agar Percaya Diri untuk Tampil di Depan Publik

Selain meningkatkan kepercayaan diri hal pertama yang perlu dilakukan agar kemampuan berbicara di depan publikmu semakin terlatih adalah tidak membandingkan diri dengan orang lain.

Kemudian menguasai materi dan mengenal siapa pendengar yang ada di hadapan adalah dua hal berkaitan yang menentukan.

Lakukanlah banyak riset materi dari berabagai sumber, seperti membaca buku, jurnal, dan menonton video dari berbagai macam sumber yang berbeda. Riset siapa pendengarmu juga tak kalah penting.

Tak ketinggalan, perhatikan bagaimana sebaik berpenampilan. (Baca selengkapnya)

2. Apakah Media Sosial Pribadi Harus Digunakan untuk Pekerjaan?

Media sosial sudah tidak terelakkan lagi. Termasuk di dunia kerja. Namun, apakah media sosial pribadi harus digunakan untuk pekerjaan, semisal untuk promosi sebuah produk atau jasa dari perusahaan tempat kita bekerja?

Kompasianer Edward Hora berpendapat seorang pegawai boleh-boleh saja menolak untuk melakukan hal tersebut.

Alasan pertama adalah media sosial pribadi adalah ranah privasi. Kedua, perusahaan sudah memiliki media sosial sendiri. Ketiga, tidak ada aturan yang mengatur itu.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com