Berkat Lobi Luhut, Arab Saudi Siapkan Lahan Rumah Indonesia di Mekkah

Kompas.com - 17/06/2021, 16:01 WIB
Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan memberikan sambutan secara virtual dalam pembukaan UKM Jabar Paten, Jakarta, Sabtu (3/4/2021). Dokumentasi Humas Kemenko MarvesMenko Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan memberikan sambutan secara virtual dalam pembukaan UKM Jabar Paten, Jakarta, Sabtu (3/4/2021).


JAKARTA, KOMPAS.com – Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengungkap hasil lobi-lobi dengan Menteri Investasi Arab Saudi Khalid Al Falih.

“Kemarin, saya bertemu dengan Menteri Investasi Arab Saudi Khalid Al Falih untuk membahas beberapa isu terkait investasi dan ekonomi kedua negara,” kata Luhut dalam sebuah unggahan di akun Instagram pribadinya, Kamis (17/6/2021).

Salah satu pembahasan kedua tokoh ini adalah rencana pembangunan proyek bernama Rumah Indonesia di Arab Saudi.

Baca juga: Luhut Bentuk Tim Khusus untuk Bereskan Masalah di 3 Proyek Tol Ini

“Saya juga menyampaikan keinginan untuk membangun “Rumah Indonesia” di Mekkah untuk dipergunakan menjadi persinggahan jemaah umroh dan haji asal Indonesia,” ungkap Luhut.

Tak hanya untuk tempat singgah jemaah haji dan umroh asal Nusantara, nantinya Rumah Indonesia ini juga memiliki fungsi perdagangan.

Luhut bilang, Rumah Indonesia di Mekkah, Arab Saudi, juga sekaligus akan dipergunakan untuk memasarkan produk-produk buatan Indonesia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Bak gayung bersambut, Menteri Al-Falih pun langsung menawarkan beberapa calon lokasi disana,” ungkap Luhut.

Lobi-lobi Luhut dengan Khalid Al Falih juga meliputi pembahasan lainnya, terutama tawaran agar Arab Saudi berinvestasi di Indonesia.

Baca juga: Luhut Ajak Arab Saudi Suntik Modal ke Bank Syariah Indonesia

“Karena melihat potensi ekonomi syariah yang begitu besar di Indonesia di masa depan mengingat Indonesia adalah negara berpenduduk muslim terbesar di dunia dan Arab Saudi adalah negara tujuan para jamaah haji, kami berbincang tentang kerja sama investasi dan ekonomi yang bermanfaat bagi kedua negara,” imbuhnya.

Luhut mengatakan, pada perbincangan awal Al-Falih menyampaikan ucapan selamat kepada Indonesia atas terbentuknya SWF Indonesia (INA).

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.