Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Elon Musk Bagikan Kutipan Palsu tentang Kripto dari Warren Buffett

Kompas.com - 07/07/2021, 06:40 WIB
Bambang P. Jatmiko

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Elon Musk membagikan kutipan palsu tentang mata uang kripto dari investor miliarder Warren Buffett, tapi kemudian dia menghapus meme yang ditampilkan.

CEO SpaceX dan Tesla ini mem-posting meme itu ke akun Twitter-nya pada Senin (5/7/2021), sebelum menghapusnya tak lama kemudian. Status itu sempat dibagikan lebih 7.000 kali.

"Temukan koin sebanyak yang Anda bisa," bunyi kutipan dari Buffett, yang Musk unggah, seperti dikutip The Independent. "Dan cepat!"

Baca juga: Hingga Mei 2021, Total Nilai Transaksi Kripto Mencapai Rp 370 Triliun

Musk menambahkan dengan tweet: "Warren Buffett (emoji hati) Sizzler buffet," tampaknya mengacu pada jaringan restoran cepat saji asal California, AS.

Buffett sendiri sebelumnya telah menolak Bitcoin lantaran merupakan judi dibanding investasi.

“Jika Anda membeli sesuatu seperti Bitcoin atau cryptocurrency, Anda tidak benar-benar memiliki apa pun yang menghasilkan apa pun. Anda hanya berharap orang berikutnya membayar lebih,” ujar Buffett.

Buffett menambahkan, “Anda tidak berinvestasi ketika Anda (membeli bitcoin), Anda berspekulasi.”

Buffett pertama kali menolak Bitcoin pada 2014, ketika ia menyebutnya sebagai "fatamorgana".

Saat itu, kripto tertua di dunia itu diperdagangkan di kisaran 600 dollar AS per unitnya setelah jatuh dari rekor tertinggi pada 2013 di atas 1.000 dollar AS per unitnya.

Investor Bitcoin mendulang keuntungan besar saat mata uang kripto itu bertengger di atas 20.000 dollar AS pada 2017, meskipun Buffett masih menyebutnya sebagai "racun tikus kuadrat". Sementara saat ini, harga bitcoin telah lebih dari 34.000 dollar AS.

Sebaliknya, Musk telah menjadi salah satu pendukung kripto paling terkenal dalam beberapa tahun terakhir tersebut.

Baca juga: Aset Kripto Kompak Menghijau, Harga Ethereum Naik 25 Persen

Orang terkaya kedua di dunia ini telah menyebabkan pasar kripto bergerak dalam banyak kesempatan, setelah secara terbuka mendukung atau menolak cryptocurrency.

Tesla menjadi perusahaan terbesar yang secara langsung menerima pembayaran Bitcoin awal tahun ini. Namun, akhirnya memblokir kripto dengan kapitalisasi terbesar di dunia ity karena masalah lingkungan.

Tapi, pembuat mobil listrik tersebut masih terus memegang Bitcoin senilai lebih dari 1 miliar dollar AS, setelah mentransfer sebagian dari cadangan kasnya ke cryptocurrency.

"Pertempuran sebenarnya adalah antara fiat (mata uang konvensional) dan kripto," tweet Musk saat itu. "Pada keseimbangan, saya mendukung yang terakhir".

Kicauannya yang sering tentang Dogecoin juga telah membantu mendorong kripto yang terinspirasi meme itu ke level tertinggi sepanjang masa tahun ini di atas 0,70 dollar AS per unitnya.

 

Berita ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul: Duh, Elon Musk bagikan kutipan palsu tentang kripto dari Warren Buffett

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com