Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bukalapak Segera Gelar RUPSLB, Bakal Sahkan Willix Halim Jadi Dirut?

Kompas.com - 10/01/2022, 12:21 WIB
Ade Miranti Karunia,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bukalapak.com Tbk (BUKA) berencana akan menggelar Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) pada 16 Februari 2022. Rapat tersebut rencananya akan berlangsung hybrid, secara tatap muka dan daring (online).

Rencana RUPSLB ini diinformasikan dalam Keterbukaan Informasi Bursa Efek Indonesia (BEI), dengan nomor surat pengumuman 298/BL/CORSEC/SURAT/I/2022.

"Dengan ini diberitahukan kepada para Pemegang Saham PT Bukalapak.com Tbk bahwa Perseroan akan menyelenggarakan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa di Jakarta, pada hari Rabu, tanggal 16 Februari 2022," isi dari surat pengumuman tersebut yang dikirim oleh Direksi Perusahaan, Senin (10/1/2022).

Baca juga: Beredar Surat Pengangkatan Guru Honorer Jadi PPPK, Ini Faktanya

Namun, materi pembahasan RUPSLB tersebut masih dalam pengusulan. Termasuk salah satunya penetapan Direktur Utama Bukalapak yang kini masih dijabat oleh Willix Halim sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Utama.

"Merujuk pada ketentuan Pasal 16 POJK No. 15/POJK.04/2020, satu pemegang saham atau lebih mewakili 1/20 atau lebih dari jumlah seluruh saham dengan hak suara dapat mengusulkan mata acara rapat secara tertulis kepada Direksi. Paling lambat tujuh hari sebelum pemanggilan rapat yaitu tanggal 18 Januari 2022. Dengan menyertakan alasan dan bahan usulan mata acara rapat," kata Bukalapak.

Sebelumnya, Bukalapak mengumumkan bahwa Willix Halim menjadi calon terkuat yang akan menjadi Direktur Utama/CEO Bukalapak. Saat ini, Willix masih menjabat sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Dirut usai Rachmat Kaimuddin mengundurkan diri dari perusahaan e-commerce tersebut.

Baca juga: Presiden Bukalapak Beberkan Alasan Beli Saham Allo Bank Senilai Rp 1,19 Triliun

Diusungnya Willix Halim sebagai direktur utama telah didukung oleh jajaran Komisaris Bukalapak. Rencananya, Willix Halim akan disahkan sebagai direktur utamaa saat Bukalapak menggelar RUPSLB.

"Selanjutnya, usulan pencalonan tersebut akan diajukan untuk disetujui oleh para pemegang saham Perseroan dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa yang dilakukan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku," ujar Kepala Media dan Komunikasi Bukalapak Fairuza Ahmad lewat keterangan persnya, Rabu (5/1/2022).

Selain itu, para Komisaris juga menunjuk Victor Putra Lesmana dan Howard Nugraha Gani untuk masuk ke dalam jajaran direksi. Adapun Teddy Nuryanto Oetomo dan Natalia Firmansyah akan tetap menjabat sebagai Direktur Bukalapak.

Baca juga: Profil Willix Halim, Calon Terkuat Dirut Bukalapak, Pengganti Rachmat Kaimuddin

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com