Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selain di Indonesia, GoTo Juga Berencana Listing di Bursa Luar Negeri Pada Akhir 2023

Kompas.com - 15/03/2022, 15:40 WIB
Akhdi Martin Pratama

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Bukan cuma di Bursa Efek Indonesia (BEI), PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk alias GoTo juga merencanakan penawaran saham di luar negeri.

Mengutip prospektus awal yang diterbitkan Selasa (15/3/2022), dalam jangka waktu 2 tahun setelah melakukan initial public offering (IPO) di BEI, GoTo berencana melakukan penerbitan saham baru tanpa hak memesan efek terlebih dauhulu (HMTED) sebanyak-banyaknya 10% saham untuk ditawarkan dan di catatkan di yurisdiksi lain.

Baca juga: GoTo Pastikan IPO di BEI, Tawarkan Rp 316-Rp 346 Per Saham

Penawaran internasional ini diharapkan akan membantu GoTo untuk mengakses basis investor yang lebih luas.

Penerbitan saham baru dalam rangka penawaran internasional tersebut telah mendapat restu pemegang saham pada 15 Desember 2021 lalu.

Menurut rencana, penawaran internasional saham GoTo ini akan dilakukan pada akhir 2023.

GoTo berencana tercatat di New York Stock Exchange, Nasdaq, Hong Kong Stock Exchange, Bursa Saham Singapura, atau Bursa Saham London.

Baca juga: Mau IPO, GoTo Masih Catatkan Kerugian Sebesar Rp 11,58 Triliun di 2021

Di dalam negeri, GoTo sudah memulai proses initial public offering (IPO) di Bursa Efek Indonesia (BEI). GoTo memulai penawaran awal pada Selasa ini hingga 21 Maret nanti.

GoTo akan melepas sebanyak-banyaknya 52 miliar saham seri A yang seluruhnya merupakan saham baru dan dikeluarkan dari portepel. Jumlah tersebut setara 4,35 persen saham.

GoTo mematok harga saham perdana di kisaran Rp 316-Rp 346 per saham. Nilai nominal saham ini dipatok Rp 1. Dengan demikian, melalui gelaran penawaran saham perdana ini GoTo berpeluang mengumpulkan dana sebanyak-banyaknya Rp 17,99 triliun.

GoTo menargetkan bisa memperoleh pernyataan efektif dari OJK pada 25 Maret. Sementara penawaran umum dijadwalkan pada 29-31 Maret. Targetnya, perusahaan ride hailing dan marketplace ini bisa mulai memperdagangkan saham di bursa pada 4 April mendatang. (Khomarul Hidayat)

Baca juga: Boy Thohir Berharap GoTo Bisa Langgeng hingga 200 Tahun yang Akan Datang

Artikel ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul: Akhir Tahun 2023, GoTo Juga Berencana Listing di Bursa Luar Negeri

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com