Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jalan Tol Lingkar Brebes-Tegal Diresmikan, Kurangi Beban Lalu Lintas Saat Mudik Lebaran

Kompas.com - 13/04/2022, 20:50 WIB
Ade Miranti Karunia,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Jalan Tol Lingkar Brebes-Tegal di Jembatan Kaligangsa, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, Rabu (13/4/2022).

Jokowi mengatakan kehadiran jalan lingkar ini akan melengkapi struktur jaringan jalan nasional di Pantai Utara (Pantura) dan komplementaritas dengan jaringan jalan tol di Trans Jawa. Jokowi menilai jalur Pantura merupakan jalur yang penting untuk menunjang kelancaran dalam masa mudik Lebaran.

"Kita ketahui kepadatan lalu lintas di Brebes-Tegal sangat tinggi, terutama saat mudik Lebaran, Tahun Baru, dan hari-hari libur lainnya. Dengan beroperasinya Jalan Lingkar Brebes-Tegal, diperkirakan akan mengurangi beban lalu lintas hingga 48 persen, sehingga jalur Brebes dan Tegal lebih lancar," kata Jokowi dikutip melalui keterangan tertulis Kementerian PUPR.

Baca juga: Jadi Kado HUT Ke-76 RI, 3 Ruas Tol dan Jalan Lingkar Brebes-Tegal Siap Diresmikan

Jalan Lingkar Brebes-Tegal memiliki lebar 7,5 meter untuk dua lajur dan dilengkapi dengan delapan jembatan, masing-masing lima jembatan di wilayah Brebes dan tiga jembatan di wilayah Tegal.

Pembangunan Lingkar Brebes-Tegal dilakukan oleh Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Jawa Tengah-Daerah Istimewa (DI) Yogyakarta dengan kontraktor PT Adhi Karya (Persero) Tbk pada Desember 2019-April 2021.

Biaya pembangunannya bersumber dari APBN sebesar Rp 224 miliar. Sebelumnya, pembangunan Jalan Lingkar Brebes-Tegal sudah dimulai 4 kilometer (km) tahun 2010. Lalu 2,5 km tahun 2017, dengan menelan biaya sekitar Rp 115 miliar.

Baca juga: Update Tol Laut Papua, Lahan Bongkar Muat Pelabuhan Jayapura Ditambah

Dalam kesempatan itu, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menjelaskan, selain Jalan Lingkar Brebes-Tegal, Kementerian PUPR juga tengah mempersiapkan ruas jalur Pantura lainnya untuk mudik Lebaran 2022.

"Semua perbaikan jalan di jalur Pantura sudah saya minta agar selesai pada H-10 Lebaran 2022, dan dipastikan aman untuk dilalui kendaraan masyarakat yang akan mudik," ujar Basuki.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com