Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengertian, Biaya, dan Cara Menggunakan QRIS Antarnegara

Kompas.com - 01/09/2022, 09:10 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - QRIS antarnegara belakangan ramai diperbincangkan lantaran disebut dapat memudahkan jika ingin berbelanja di luar negeri. Lantas apa pengertian QRIS antarnegara?

Untuk saat ini, Bank Indonesia (BI) baru bekerja sama dengan 4 bank sentral negara ASEAN untuk implementasi QRIS antarnegara, yaitu Thailand, Malaysia, Singapura, dan Filipina.

Namun saat ini baru Thailand yang sudah dapat mengimplementasikan transaksi lintas negara (cross border payment) ini. Menyusul kemudian Malaysia yang diperkirakan mulai diimplementasikan pada akhir 2022 atau awal 2023, Singapura pada Semester II 2023, lalu Filipina.

Pengertian QRIS Antarnegara

Baca juga: Belanja Tak Perlu Tukar Uang, Negara Asing Mana Saja yang Bakal Layani Transaksi QRIS untuk WNI?

Quick Response Code Indonesian Standard atau QRIS antarnegara adalah sistem pembayaran berbasis QR code yang dapat digunakan untuk transaksi lintas negara.

QRIS antarnegara memudahkan masyarakat Indonesia untuk dapat berbelanja di luar negeri hanya dengan menggunakan QRIS di aplikasi jasa keuangan yang memfasilitasi layanan QRIS antarnegara.

Dengan demikian, masyarakat kini tidak perlu lagi repot menukarkan uang tunai di money changer atau di ATM luar negeri menggunakan kartu debit maupun kartu kreditnya.

Sistem pembayaran yang diinisiasi oleh Bank Indonesia (BI) ini bertujuan untuk memperluas penggunaan penyelesaian transaksi menggunakan mata uang lokal (LCS).

Sebab, masyarakat tidak perlu lagi menukar uang rupiah ke dollar AS lalu ke mata uang yang dituju karena dengan QRIS antarnegara transaksi dapat dilakukan langsung menggunakan rupiah ke mata uang yang dituju.

Biaya QRIS Antarnegara

Baca juga: WNI Bisa Pakai QRIS di Malaysia Tahun Ini, di Singapura Tahun Depan

Lantaran pembayaran langsung menggunakan mata uang lokal, maka biaya yang ditanggung pengguna untuk menggunakan layanan QRIS antarnegara ini dapat lebih murah.

Asisten Gubernur BI sekaligus Kepala Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran BI, Filianingsih Hendarta mengatakan, biaya transaksi menggunakan QRIS antarnegara akan lebih murah dibandingkan menggunakan kartu kredit, tukar uang di money changer, ataupun tarik tunai di ATM Thailand.

Kendati demikian, dia tidak menjelaskan berapa besar biaya transaksi jika menggunakan QRIS antarnegara lantaran besaran MDR tiap merchant berbeda-beda.

"Kita perlu perhatikan biayanya (QRIS antarnegara) pasti lebih murah dari biayanya pakai kartu kredit atau pakai kartu debit ambil di ATM atau tukar uang," ujarnya saat Taklimat Media, Selasa (30/8/2022).

Namun memang untuk menggunakan metode pembayaran lintas negara ini, masyarakat tetap harus mengeluarkan biaya untuk tiap transaksinya alias tidak gratis.

Pasalnya, penjual atau merchant-merchant yang memfasilitasi pembayaran dengan QRIS antarnegara biasanya dikenakan biaya merchant discount rate (MDR) oleh bank yang menyediakan layanan.

"Kita tidak bisa minta gratis terus karena banknya perlu makan, dia perlu membiayai pegawainya. Itu perlu dapat bayaran, nah ini (QRIS antar negara) juga ada," ucapnya.

Ilustrasi cara menggunakan QRIS antarnegaraSHUTTERSTOCK/ODUA IMAGES Ilustrasi cara menggunakan QRIS antarnegara

Cara Menggunakan QRIS Antarnegara

Baca juga: BI Pastikan Biaya Transaksi QRIS Antarnegara Lebih Murah Dibanding Tarik Tunai di ATM Luar Negeri

Dilansir dari akun Instagram BI, cara menggunakan QRIS antarnegara ternyata cukup mudah. Masyarakat hanya perlu menginstal aplikasi jasa keuangan yang memfasilitasi QRIS antarnegara di gawainya.

Berikut cara  menggunakan QRIS antarnegara untuk bertransaksi di luar negeri:

  1. Buka aplikasi pembayaran.
  2. Scan QR Thailand.
  3. Masukkan nominal pembayaran dengan satuan Thai Baht.
  4. Konfirmasi tujuan dan nominal dalam rupiah.
  5. Masukkan PIN.
  6. Transaksi berhasil.

Demikian ulasan mengenai pengertian QRIS antarnegara beserta biaya transaksi dan cara penggunaannya. Semoga bermanfaat.

Baca juga: 8 Bank dan Dompet Digital Ini Bisa Digunakan untuk Bertransaksi di Thailand Pakai QRIS

Menika Ambar Presiden Joko Widodo merilis Kartu Kredit Pemerintah Domestik dan QRIS(Quick Response Code Indonesian Standard) Antar Negara.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com