Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Buwas: Bulog dan Swasta Rebutan Alat Angkut Beras, Kalah Kita

Kompas.com - 03/10/2022, 14:43 WIB
Haryanti Puspa Sari,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso (Buwas) meminta Satgas Pangan mengawasi pihak swasta yang masuk ke industri beras.

Buwas mengatakan, Bulog di lapangan bahkan harus berebut alat angkut dengan pihak swasta. Hal ini, kata dia, membuat pemerintah tak mampu bersaing dalam penyesuaian harga beras.

"Produksi beras atau gabah alat angkutnya rebutan sama swasta sehingga kita kalah juga kalau mau yang sesuai dengan harga swasta," kata Budi saat ditemui di Pasar Induk Beras, Cipinang, Jakarta Timur, Senin (3/10/2022)..

Baca juga: Kritik Swasta Masuk Industri Beras, Dirut Bulog: Mereka Merusak Harga

Ia mengatakan keberadaan pihak swasta menjadi salah satu faktor kenaikan harga beras di Tanah Air. Sebab, kata dia, pihak swasta bergerak di industri beras tanpa dibatasi aturan.

"Selain terganggu karena cuaca, tapi dengan berkembangnya swasta-swasta memproduksi beras dengan teknologi tinggi, pabrik ini mereka menguasai dan sampai hari ini juga tidak ada pengendalian buat mereka, mereka merusak harga di lapangan,"

Karenanya, Buwas meminta Satuan Tugas (Satgas) Pangan mengawasi pergerakan pihak swasta di industri beras. Ia menilai keberadaan pihak swasta dapat merusak harga beras di lapangan sehingga merugikan para petani.

"Saya justru berharap banyak dari Satgas Pangan, tolong juga diawasi, batasi swasta-swasta itu yang bermain dengan beras dalam memperbesar kekuatan mereka. Ini sangat-sangat merugikan petani dan ketahanan pangan kita," ujarnya.

Baca juga: Buwas Mau Ubah Citra Negatif Bulog, Tak Lagi Jual Beras Kutu, Kini Jual Beras Premium


Lebih lanjut, Buwas meyakini jika seluruh pihak mengawasi dan mematuhi aturan, kelangkaan pangan di Indonesia tidak akan pernah terjadi.

"Saya yakin kalau kita semua memerhatikan sesuai dengan ketentuan aturan dan negara hadir betul-betul menguasai pangan, tidak akan terjadi pangan itu langka, saya yakin," ucap dia.

Baca juga: Jaga Harga Beras Stabil, Mendag Zulhas: Pemda Harus Ikut Intervensi

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com