Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menaker Pastikan Penyaluran BSU Lewat Kantor Pos Dimulai Minggu Depan

Kompas.com - 20/10/2022, 17:40 WIB
Ade Miranti Karunia,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Ketenagakerjaan (Menaker), Ida Fauziyah memastikan penyaluran bantuan subsidi upah (BSU) tahap 6 baik itu melalui rekening Himbara maupun PT Pos Indonesia disalurkan pada minggu depan.

Untuk yang pekan ini, lanjut Menker, masih difokuskan penyaluran subsidi gaji tahap 5 sebanyak 263.546 pekerja/buruh yang berhak menerima.

"Jadi minggu ini kita salurkan 263.546 orang, kita selesaikan semua yang bisa dikejar punya rekening Himbara," katanya ditemui di Jakarta, Kamis (20/10/2022).

Baca juga: BSU Tahap 6 Cair Pekan Depan, Ini Cara Pencairan Via Kantor Pos

Menaker menjelaskan, memang tadinya pemerintah melalui Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) menjanjikan penyaluran subsidi gaji senilai Rp 600.000 per orang dimulai pada pekan ini. Lantas adanya perubahan data penerima sehingga penyaluran BSU tahap 6 tertunda.

"Kita janji minggu ini disalurkan lewat Kantor Pos, tetapi kita selesaikan. Masih ada yang bisa disalurkan melalui Himbara. Dari data itu kita kembalikan kepada pihak BPJS Ketenagakerjaan, ternyata ada yang bisa membuka rekening baru," ujarnya.

Dengan demikian, penyaluran subsidi gaji dari tahap 1 hingga tahap 5 telah mencapai 71,64 persen.

"Jadi total sekarang (penyaluran BSU dari tahap 1 sampai 5) sudah 71,64 persen," ucap Menaker.

Baca juga: BSU Tahap 6 Segera Cair, Ini Syarat dan Cara Cek Penerimanya

Ditemui terpisah, Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaa (BP Jamsostek) Anggoro Eko Cahyo mengatakan, untuk penerima BSU tahap 6 melalui Kantor Pos ada sebanyak 3 juta orang.

"Ada tiga juta orang (penerima BSU lewat PT Pos Indonesia)," sebutnya.

Anggoro bilang, memang untuk tahap, banyak penerima subsidi gaji yang tidak memiliki rekening Himbara (terdiri atas BNI, BRI, BSI, BTN, dan Mandiri).

"Tahap-tahap terakhir ini, para peserta penerima BSU katanya mereka belum punya rekening Himbara. Yang tahap pertama kan sudah memiliki rekening Himbara, nah yang belakangan belum punya rekening Himbara ini akan dibantu oleh PT Pos untuk penyaluran," ujar Anggoro.

Baca juga: Pengalaman Mengambil BSU untuk Pemilik Rekening Non-Himbara Lewat Kantor Pos

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com