Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Profil Boenjamin Setiawan, Dokter Terkaya RI yang Meninggal Dunia

Kompas.com - 05/04/2023, 06:14 WIB
Muhammad Idris

Penulis

KOMPAS.com - Konglomerat Boenjamin Setiawan dikabarkan meninggal dunia di usia 90 tahun. Pria yang akrab disapa dr Boen itu adalah pendiri perusahaan raksasa farmasi PT Kalbe Farma Tbk.

Pria yang lahir di Tegal pada tahun 1933 itu menjadi langganan dalam daftar orang terkaya di Indonesia. Tak banyak yang mengenal nama Boenjamin Setiawan.

Namun, jika menyebut dua nama perusahaan terbesar miliknya, RS Mitra Keluarga maupun Kalbe Farma, banyak publik Tanah Air tentu sudah cukup familiar.

Kalbe Farma adalah perusahaan farmasi terbesar di Tanah Air. Sementara Mitra Keluarga, juga merupakan jaringan 25 rumah sakit besar yang sudah tersebar di beberapa kota di Indonesia.

Baca juga: 4 Orang Kaya Pemilik Rumah Sakit Mewah di Indonesia

Baik Kalbe Farma maupun Mitra Keluarga, keduanya adalah perusahaan yang sudah tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI).

Profil Boenjamin Setiawan

Dikutip dari Forbes, Boenjamin Setiawan merupakan dokter lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia. Ia sempat melanjutnya studi kedokterannya ke University of California, Amerika Serikat (AS) dengan spesialias farmakologi.

Ia juga sempat mengajar sebagai dosen di almamaternya. Bermodal uang patungan dengan beberapa saudara kandungnya, dr Boen mendirikan pabrik obat dari garasi rumahnya. Inilah yang kemudian jadi cikal bakal Kalbe Farma.

Forbes menempatkan Boenjamin Setiawan di urutan ke-8 orang terkaya di Indonesia, dengan kekayaan bersih sebesar 4,8 miliar dollar AS atau setara Rp 71,79 triliun (kurs Rp 14.950).

Baca juga: Gurita Bisnis Boy Thohir, Konglomerat Batubara dan Kakak Erick Thohir

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com