Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Indeks Saham Berbasis ESG dan Jenis-jenisnya

Kompas.com - 06/04/2023, 04:20 WIB
Mela Arnani

Penulis

KOMPAS.com - Investasi saham selalu menarik untuk dibahas, salah satunya saham berbasis environmental, social, and governance (ESG). Saham berbasis ESG adalah salah satu instrumen investasi hijau di pasar modal.

Saham berbasis ESG pertama kali diluncurkan pada tahun 2009. Bursa efek Indonesia (BEI) mempublikasikan saham ESG dalam indeks berbasis ESG untuk memudahkan investor memilih saham perusahaan dengan nilai ESG yang baik.

Secara umum, terdapat lima jenis saham berbasis ESG yang dapat dipilih oleh para investor di Indonesia. Apa saja?

Baca juga: Mengenal Apa Itu Saham dan Jenisnya

5 jenis saham berbasis ESG

Dilansir dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK), terdapat lima jenis saham berbasis ESG sebagai berikut:

  • Sustainable and Responsible Investment (SRI)-Kehati

Indeks ini mengukur kinerja harga saham dari 25 perusahaan tercatat yang mempunyai kinerja yang baik dalam mendorong usaha-usaha berkelanjutan.

Selain itu, perusahaan memiliki kesadaran terhadap lingkungan hidup, sosial, dan tata kelola perusahaan yang baik.

Indeks SRI-Kehati dikelola bekerjasama dengan Yayasan Keanekaragaman Hayati Indonesia (Yayasan KEHATI).

Baca juga: Mengenal Apa Itu Investasi Reksadana dan Jenisnya

  • IDX ESG Leaders

Indeks IDX ESG Leaders mengukur kinerja harga dari saham-saham yang mempunyai penilaian ESG yang baik dan tak terlibat pada kontroversi secara signifikan.

Selain itu, indeks ini memiliki likuiditas transaksi dan kinerja keuangan yang baik. Penilaian ESG dan analisis kontroversi dilakukan oleh Sustainalaytics.

 

  • ESG Sector Leaders IDX Kehati (New 2021)

Indeks ini berisikan saham-saham dengan hasil penilaian kinerja ESG di atas rata-rata sektornya dan mempunyai likuiditas yang baik.

Klasifikasi industri mengacu kepada IDX Industrial Classifiaction (IDX-IC). ESG Sector Leaders IDX Kehati diluncurkan dan dikelola bekerja sama dengan Yayasan KEHATI.

Baca juga: Mengenal Apa Itu MLFF, Transaksi Bayar Tol Tanpa Harus Berhenti

  • ESG Quality 45 IDX Kehati (New 2021)

Indeks ini berisikan 45 saham terbaik dari hasil penilaian kinerja ESG dan kualitas keuangan perusahaan dan mempunyai likuiditas yang baik.

Sama dengan ketiga indeks saham berbasis ESG di atas, ESG Quality 45 IDX Kehati diluncurkan dan dikelola bekerjasama dengan Yayasan KEHATI.

  • IDX LQ45 Low Carbon Leaders (New 2022)

Indeks ini bertujuan mengurangi eksposur intensitas emisi karbon atas portofolio sebesar minimal 50 persen dibandingkan dengan indeks LQ45 sebagai parent index.

Setelah melakukan penyesuaian bobot per sektor sesuai dengan carbon intensity dan mengecualikan perusahaan di industri batu bara sesuai dengan klasifikasi IDX-IC.

Demikian rangkuman mengenai pengertian indeks berbasis ESG dan jenis-jenisnya. Penting untuk diingat bahwa sebelum memilih suatu investasi, pastikan telah memahami keuntungan dan risikonya, termasuk menyesuaikan dengan profil masing-masing.

Baca juga: Mengenal Apa Itu IHSG, Fungsi, dan Cara Membacanya

Baca juga: Mengenal Apa Itu Pasar Modal, Fungsi, dan Jenis-jenisnya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com