Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cuci Baju Sendiri Vs Laundry, Murah Mana?

Kompas.com - 08/04/2023, 09:21 WIB
Elsa Catriana,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain praktis dan efektif salah satu alasan orang lebih memilih untuk mencuci pakaian dengan bantuan jasa binatu atau laundry adalah biaya. Banyak jasa laundry yang membanderol harga yang murah.

Sementara di sisi lain ada juga yang lebih memilih mencuci pakaian sendiri lantaran kebersihannya terjamin.

Namun sebenarnya lebih hemat mana mencuci pakaian sendiri atau menggunakan jasa laundry?

Baca juga: Jasa Laundry Terus Tumbuh, Marketplace Iziloh Gandeng KasPro untuk Permudah Transaksi

Perencana Keuangan Andy Nugroho membeberkan hitung-hitungan antara menggunakan jasa binatu pakaian dengan mencuci sendiri.

Andy mengasumsikan satu keluarga terdiri dari empat orang dengan berat pakaian yang mau dicuci sebanyak 3 kilogram dan mencuci sebanyak 15 kali dalam sebulan. Dalam hal ini biaya laundry ditetapkan Rp 7.000 per kilogram.

"Berarti hitungannya adalah 15 dikali 3 kilogram dan dikali Rp 7.000 maka total biaya untuk melaundry sebulan sebanyak Rp 315.000. Ini kondisi pakaian sudah bersih dan disetrika," jelas Andy saat dihubungi Kompas.com belum lama ini.

Kemudian ketika memilih untuk mencuci pakaian sendiri, ada biaya tambahan yang harus dikeluarkan selain detergen, yakni pewangi dan pelembut untuk membilas pakaian, dan biaya pelicin dan pewangi untuk setrika.

"Jadi biaya pengeluarannya adalah detergen cair 5 liter Rp 65.000, pewangi dan pelembut pakaian 5 liter Rp 55.000. Kemudian untuk pelicin dan pewangi pakaian ketika di setrika untuk kemasan 5 liter Rp 60.000. Jadi total pengeluaran selama sebulan adalah Rp 180.000," beber Andy.

Selain biaya tambahan untuk pewangi, lanjut Andy, jika memilih untuk mencuci pakaian sendiri, harus merogoh kocek lebih dalam untuk biaya investasi mesin cuci dan membeli setrika.

"Harga mesin cuci 2 tabung mulai dari Rp 1,2 juta dan harga setrika baju mulai Rp 100.000. Namun ini hanya biaya sekali pengeluaran," sebut dia.

Selain itu juga ada biaya listrik yang untuk mesin cuci dan setrika. Serta mesin air bila menggunakan sumur. Belum termasuk tenaga dan waktu yang terpakai saat mencuci.

Demikian perbandingan biaya mencuci sendiri dengan menggunakan jasa laundry. Tentunya Anda mempunya pertimbangan sendiri untuk memilih.

Baca juga: Dorong Keberlangsungan Bisnis Laundry, PT Triton Internasional dan PT MLC Indonesia Sediakan Program KUR Rp 20 Miliar

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com