Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Medio by KG Media
Siniar KG Media

Saat ini, aktivitas mendengarkan siniar (podcast) menjadi aktivitas ke-4 terfavorit dengan dominasi pendengar usia 18-35 tahun. Topik spesifik serta kontrol waktu dan tempat di tangan pendengar, memungkinkan pendengar untuk melakukan beberapa aktivitas sekaligus, menjadi nilai tambah dibanding medium lain.

Medio yang merupakan jaringan KG Media, hadir memberikan nilai tambah bagi ranah edukasi melalui konten audio yang berkualitas, yang dapat didengarkan kapan pun dan di mana pun. Kami akan membahas lebih mendalam setiap episode dari channel siniar yang belum terbahas pada episode tersebut.

Info dan kolaborasi: podcast@kgmedia.id

Tips Membedakan Kaus Band Asli dan Palsu

Kompas.com - 10/04/2023, 21:00 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

Oleh: Rangga Septio Wardana dan Ikko Anata

KOMPAS.com - Terkadang, hobi bisa menjadi peluang bisnis dengan keuntungan yang menggiurkan.

Beberapa tahun belakangan ini, kaus band menjadi salah satu merchandise yang banyak diburu para kolektor. Pasalnya, saat ini banyak yang menilai kaus band memiliki nilai yang tinggi.

Informasi ini pun dibahas oleh Founder Yellous Merchandise, Yan Ardian dalam siniar CUAN bertajuk “Vintage Tees Bercuan Manis” dengan tautan akses dik.si/CUANVintageTees.

Namun, seiring dengan banyaknya peminat, tidak sedikit orang yang memanfaatkan kesempatan ini dengan mencetak kaus band palsu atau bajakan.

Bahkan, beberapa oknum menjual kaus tersebut dengan harga yang hampir sama dengan barang aslinya. Melansir dari Hai Grid, ada hal yang perlu dilakukan sebelum memutuskan membeli kaus band.

Lihat Jahitan Samping

Hal ini bisa menjadi salah satu standar penentu sebelum memutuskan membeli kaus band. Pasalnya, mayoritas merchandise official band-band internasional tidak memiliki jahitan samping.

Baca juga: Ingin Karier Lancar? Perhatikan 3 Hal Ini!

Tidak heran, penjual kaus band dengan jahitan samping akan dicurigai palsu.

Baca ‘Tagging

Kamu pernah mendengar tagging kaus impor seperti Anvil, Gildan, AAA AIstyle, atau Fruit of the Loom? Nah, kita wajib memperhatikan hal tersebut ketika hendak membeli kaus band idola.

Pasalnya, dengan memperhatikan tagging yang terdapat di kerah baju, kita bisa membedakan antara kaus band asli dan bajakan.

Perhatikan Kualitas Material

Sebelum memilih kaus band idaman, kita perlu memerhatikan kualitas bahannya. Kebanyakan kaus band palsu memiliki kualitas material yang kurang bagus.

Bahkan, material yang digunakan kaus band palsu cenderung lebih kaku, kasar, dan tidak bisa menyerap keringat. Selain itu, kaus band palsu cenderung memiliki warna sablon yang pucat, kasar, dan pecah.

Lihat Situs Resmi Band Idola

Agar terhindar dari penipuan, kamu perlu memeriksa situs resmi milik band idola. Biasanya, dalam situs tersebut terdapat contoh-contoh merchandise asli.

Kamu perlu memperhatikan contoh-contoh tersebut untuk mencocokannya dengan barang yang ingin dibeli.

Baca juga: 5 Tips Atur Keuangan di Bulan Ramadan

Lantas, bagaimana kelanjutan kisah Yan Adrian dalam menjalankan bisnis kaus band?

Dengarkan jawaban lengkapnya dalam siniar CUAN episode “Vintage Tees Bercuan Manis” yang dapat diakses melalui dik.si/CUANVintageTees.

Di sana, ada banyak informasi seputar keuangan yang bisa menambah literasi finansialmu. Tunggu apalagi? Ikuti siniarnya sekarang juga dan akses playlist-nya di YouTube Medio by KG Media agar kalian tak tertinggal tiap episode terbarunya!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com