Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasar Kripto Bergerak "Mixed", Simak Harga Bitcoin hingga Dogecoin Hari Ini

Kompas.com - 17/04/2023, 11:02 WIB
Kiki Safitri,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

Sumber CoinDesk

JAKARTA, KOMPAS.com - Pasar aset kripto bergerak mixed pada Senin (17/4/2022) pagi. Melansir Coinmarketcap, 5 dari 10 aset kripto berkapitalisasi pasar terbesar bergerak di zona hijau dalam 24 jam terakhir.

Nilai mata uang kripto paling cerah adalah Binance Exchange (BNB) yang melonjak 5,18 persen ke level 349,7 dollar AS atau Rp 5,1 juta per coin (kurs Rp 14.770 per dollar AS). Kemudian, Solana (SOL) yang menguat 5,15 persen ke level 25,56 dollar AS per coin.

Penguatan harga kripto dilanjutkan oleh Polygon (MATIC) yang naik 0,89 persen pada posisi 1,17 dollar AS per coin. Kemudian, Dogecoin (DOGE) pada posisi 8 sen per coin atau naik 0,89 persen, dan Ethereum (ETH) pada level 2.097 dollar AS per coin atau bertambah 0,31 persen.

Baca juga: Mau Investasi Kripto? Jadilah Investor yang Pintar

Sementara itu, harga Bitcoin (BTC) dan Cardano (ADA) turun 0,9 persen di level 30.001 dollar AS per coin, dan 0,4 dollar AS per coin. Demikian juga dengan Ripple (XRP) yang terkoreksi 0,8 persen menjadi 0,5 dollar AS per coin.

Pagi ini stablecoin atau mata uang kripto golongan mata uang kripto yang dibuat untuk menawarkan harga yang stabil terhadap dollar AS, seperti Tether (USDT) dan USD Coin (USDC) bergerak melemah. USDT turun 0,05 persen di level 1 dollar AS per coin, dan USDC terkoreksi 0,02 persen pada level 0,9 dollar AS per coin.

Mengutip Coindesk, selama beberapa bulan terakhir, pasar berspekulasi apakah harga eter (ETH) akan jatuh atau akan naik, setelah melakukan upgrade blockchain atau yang dikenal dengan upgrade Shanghai.

Baca juga: Indodax: Minat Investasi Kripto Tinggi, tapi Literasi Masih Jadi Tantangan


Namun, faktanya harga Ether naik melampaui 2.000 dollar AS per coin, karena antusiasme baru bahwa keberhasilan upgrade Shanghai dapat menyebabkan lonjakan pertumbuhan dan minat investor.

Kenaikan juga terus terjadi hari ini sejak lima hari terakhir, dan mencapai tertinggi baru dalam 11 bulan pada hari Minggu di level 2.141 dollar AS per coin. Dengan begitu harga ETH naik 77 persen tahun ini, atau mengikuti kenaikan BTC sebesar 83 persen di 2023.

"Pesimisme pasar mengenai penarikan Ethereum yang dipertaruhkan terbukti berlebihan," kata Sean Farrell, kepala strategi aset digital di FundStrat.

Baca juga: Startup Investasi Kripto Pintu Raih Pendanaan Seri B Senilai Rp 1,6 triliun

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com