Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Tips Memilih Asuransi Pendidikan

Kompas.com - 23/04/2023, 15:06 WIB
Mela Arnani

Penulis

KOMPAS.com - Menyimak sejumlah tips sebelum memilih asuransi pendidikan bagi anak mungkin bisa memberikan sedikit pencerahan.

Biaya pendidikan yang mengalami kenaikan setiap tahunnya, membuat orangtua harus pintar-pintar mengatur strategi agar pendidikan si buah hati tetap terjamin di kemudian hari.

Selain itu, biaya pendidikan juga memiliki rentang waktu cukup panjang, dari sekolah dasar, sekolah menengah pertama, hingga perguruan tinggi negeri.

Lantas, apa saja tips memilih asuransi pendidikan anak?

Baca juga: Mengenal Jenis-jenis Asuransi Pendidikan Anak dan Tips Memilihnya

Tips memilih asuransi pendidikan

Dilansir dari laman resmi Otoritas Jasa Keuangan (OJK), terdapat setidaknya empat tips yang bisa dilakukan sebelum memilih asuransi pendidikan untuk anak, sebagai berikut:

  • Kalkulasi biaya

Anda dapat terlebih dahulu menentukan kalkulasi biaya pendidikan yang dibutuhkan, sebelum mencari asuransi pendidikan yang sesuai.

Dalam hal ini, perlu diperhatikan sejumlah aspek seperti uang pendaftaran, uang pangkal, iuran rutin (SPP), biaya ekstrakulikuler, uang buku, uang seragam, uang transport, dan lainnya, sejak masuk sekolah hingga lulus.

Untuk biaya pendidikan dengan durasi lebih dari 10 tahun seperti biaya pendidikan saat perguruan tinggi, maka patut untuk menghitung inflasi yang terjadi agar nilai investasi yang direncanakan bisa mengimbangi kenaikan biaya pendidikan.

Baca juga: 5 Tips Memilih Investasi yang Aman, Apa Saja?

  • Evaluasi kemampuan finansial

Setelah menentukan kebutuhan biaya pendidikan yang dibutuhkan, sebaiknya juga perhitungkan kemampuan finansial, termasuk risiko keuangan yang akan dihadapi.

Asuransi pendidikan adalah salah satu arusansi berjangka panjang, sehingga harus benar-benar memperhitungkan kemampuan finansial.

Jangan sampai pembayaran premi mengganggu kondisi keuangan keluarga dan pembayaran premi berhenti di tengah jalan.

Baca juga: Kenali Apa Itu Investasi Reksa Dana, Jenis, Risiko, dan Keuntungannya

  • Perusahaan asuransi

Dalam hal memilih asuransi pendidikan, pastikan perusahaan asuransi memiliki track record yang baik dan terpercaya.

Lakukanlah riset dalam membandingkan produk asuransi pendidikan antar perusahaan asuransi.

Pilih dengan hati-hati dan teliti agar tak ada penyelesan setelahnya. Pilihlah perusahaan asuransi yang mempunyai sertifikat keagenan dari Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) dan yang telah terdaftar dan diawasi OJK.

Baca juga: Mengenal Apa Itu Investasi Reksadana dan Jenisnya

  • Polis asuransi

Setelah menentukan produk asuransi yang akan dibeli, periksa kembali semua syarat dan ketentuan yang ada dalam polis asuransi.

Anda harus benar-benar memahami seluruh hak dan kewajiban konsumen dan perusahaan asuaransi.

Jangan lupa untuk memastikan nama tertanggung, besaran premi, uang pertanggungan, durasi asuaransi, biaya asuransi, instrumen investasi, dan fasilitas lain sesuai dengan yang sudah disepakati bersama.

Mengacu Peraturan OJK Nomor 69/POJK.05/2016, peserta asuransi mempunyai hak untuk mempelajari polis (cooling down period/freelook period), yakni dalam jangka waktu paling singkat 14 hari sejak polis diterima.

Begitulah ulasan mengenai tips-tips memilih produk asuransi pendidikan. Jangan lupa mempelajari setiap detailnya untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan di kemudian hari.

Baca juga: Mengenal Jenis-jenis Reksadana dan Jangka Waktunya

Baca juga: Apakah Investasi Reksadana Bisa Rugi? Ini Jawabannya...

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com