Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KAI Jual Tiket Kereta Eksekutif Bertarif Rendah Pasca-Lebaran 2023

Kompas.com - 24/04/2023, 22:37 WIB
Nur Jamal Shaid

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Kereta Api Indonesia (Persero) menjual tiket kereta subkelas H, I, dan J pada kelas eksekutif untuk penjualan tiket periode pasca-lebaran yakni hingga 3 Mei 2023. Subkelas tersebut merupakan subkelas tarif rendah yang biasa KAI jual pada periode bukan peak season.

VP Public Relations KAI Joni Martinus mengatakan, penjualan tiket kereta dengan tarif rendah pada periode balik Lebaran ini untuk memudahkan masyarakat bepergian menggunakan kereta api pada momen arus balik pascalebaran.

Dia menambahkan, pembukaan subkelas KAI dengan tarif rendah pada arus balik Lebaran ini juga mendukung imbauan pemerintah agar masyarakat tidak terkonsentrasi melakukan perjalanan balik pada tanggal 24 dan 25 April 2023 saja.

Baca juga: ASDP Imbau Pemudik Masuk Pelabuhan 2 Jam Sebelum Keberangkatan

"Jumlah tempat duduk kereta api pada periode pascalebaran masih cukup banyak, sehingga masyarakat dapat segera memesannya untuk bepergian,” kata Joni dalam keterangannya, Senin (24/4).

Adapun untuk pemesanan tiket kereta dengan subkelas H, I, dan J dapat dilakukan melalui aplikasi KAI Access, web kai.id, dan seluruh chanel penjualan tiket yang bekerja sama secara resmi dengan KAI.

Sebagai contoh, tarif KA Bromo Anggrek relasi Gambir-Surabaya Subkelas A pada saat peak season berkisar antara Rp 800.000 hingga Rp 1 juta. Namun jika pelanggan membeli pada harga spesial ini, maka subkelas H, I atau J tarifnya berkisar Rp 700.000.

Baca juga: Jadwal Pembagian Dividen BTPN Syariah Rp 712,5 Miliar

KAI mencatat bahwa pada Lebaran hari pertama dan kedua, peminatnya masih tinggi. Pada hari pertama dan kedua Lebaran atau 22 dan 23 April 2023, tiket KA Jarak Jauh yang terjual okupansinya mencapai 100 persen dengan rincian hari pertama Lebaran terjual 138.015 tiket dan hari kedua Lebaran terjual 179.849 tiket.

Okupansi pelanggan KA Jarak Jauh juga tercatat cukup tinggi di pascalebaran. Pada periode H+1 s.d H+3 Lebaran atau 24 sampai dengan 26 April 2023, rata-rata tiket KA Jarak Jauh yang terjual mencapai 156.017 tiket dengan rata-rata okupansi mencapai 100 persen.

Adapun pada periode H+4 sampai dengan H+10 atau tanggal 27 April sampai 3 Mei, tiket KA Jarak Jauh masih cukup banyak tersedia.

Baca juga: Cara Menghitung Upah Lembur Pekerja yang Masuk di Hari Libur Nasional

"Perjalanan dengan kereta api khususnya di masa Angkutan Lebaran ini memiliki berbagai keunggulan dibanding moda transportasi darat lainnya yaitu bebas macet, tepat waktu, lebih nyaman dan aman, serta mampu mengurangi angka kecelakaan di jalan raya," tutup Joni. (Public Relations)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com