Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Arus Balik Lebaran 2023, Menhub Imbau Pemudik Hindari Tanggal 24-25 April

Kompas.com - 24/04/2023, 20:10 WIB
Yohana Artha Uly,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengimbau pemudik untuk menghindari tanggal 24-25 April 2023 saat melakukan perjalanan balik. Lantaran kedua hari itu merupakan puncak kepadatan kendaraan pada arus balik Lebaran 2023.

Menurutnya, imbauan ini sejalan dengan pesan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang menganjurkan masyarakat untuk melakukan perjalanan balik mulai 26-29 April 2023.

"Tujuannya, agar kepadatan tidak menumpuk di puncak arus balik yang dimulai pada hari ini dan besok,” ujar Budi Karya saat rapat koordinasi di Posko Angkutan Lebaran Terpadu di Kantor Kemenhub seperti dikutip dalam keterangannya, Senin (24/4/2024).

Baca juga: Jokowi Minta Pemudik Ambil Cuti Tambahan untuk Cegah Kemacetan Saat Puncak Arus Balik Lebaran 2023

Selain mengimbau untuk menghindari kepadatan di puncak arus balik Lebaran 2023, Menhub juga meminta masyarakat mengantisipasi kondisi cuaca.

Pemudik perlu selalu memantau informasi terbaru dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) dan waspadai cuaca ekstrem yang terjadi di beberapa perairan.

“Dari data BMKG di pantai barat Sumatera dan pantai selatan Jawa terjadi gelombang tinggi di atas 2,5 meter yang harus diwaspadai. Tetapi, alhamdulillah di Merak-Bakauheni dan Ketapang-Gilimanuk gelombang masih relatif aman untuk dilakukan perjalanan,” papar dia.

Kemudian, Budi Karya memastikan upaya pemerintah mengantisipasi upacara pelepasan balon udara di sejumlah daerah yang dilakukan tidak sesuai ketentuan, sehingga dapat membahayakan penerbangan.

Menurutnya, pemerintah telah memberikan izin kegiatan pelepasan balon udara di dua daerah yaitu Pekalongan dan Wonosobo. Namun, didapati adanya indikasi pelanggaran kegiatan pelepasan balon udara di Kulonprogro, Purworejo, dan Ponorogo.

Baca juga: Simak Jadwal One Way Arus Balik Lebaran 2023

"Untuk itu, saya sudah minta Airnav, Angkasa Pura I dan II berkoordinasi dengan pihak kepolisian untuk melakukan pengawasan terhadap kegiatan tersebut,” ungkapnya.

Di sisi lain, pada periode arus mudik Lebaran tahun ini, jumlah kecelakaan lalu lintas mengalami penurunan 33 persen dibandingkan periode sama di 2022. Ia pun berharap angka kecelakaan tidak semakin bertambah.

“Saya berterima kasih kepada masyarakat yang sudah melakukan perjalanan mudik dengan hati-hati. Semoga angka ini tidak meningkat pada arus balik nanti,” tutup MenhubBudi Karya.

Baca juga: Ada 12 Ruas Tol yang Beri Diskon Tarif 20 Persen Saat Arus Balik, Ini Daftarnya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com