Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Prodia Cetak Laba Bersih Rp 71,4 Miliar pada Kuartal I-2023

Kompas.com - 03/05/2023, 18:30 WIB
Agustinus Rangga Respati,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Perusahaan laboratorium klinik PT Prodia Widyahusada Tbk (PRDA) mencetak laba bersih sebesar Rp 71,4 miliar pada kuartal I-2023.

Perseroan juga mencatat pendapatan sebesar Rp 517,8 miliar pada periode yang sama

Sedangkan, kasa dan setara kas perseroan tumbuh 69,4 persen menjadi Rp 856,9 miliar pada triwulan pertama 2023.

Direktur Utama Prodia Dewi Muliaty mengatakan, kinerja perseroan masih menunjukkan tingkat resiliensi yang baik, meskipun masih terdapat tantangan normalisasi.

"Meskipun demikian, momentum bulan Ramadhan dan Hari RayaIdul Fitri menjadi tantangan tersendiri bagi bisnis laboratorium, dimana biasanya pada momen tersebut banyak pelanggan yang menunda pemeriksaan,” ujar dia dalam keterangan resmi, Rabu (3/5/2023).

Baca juga: Prodia Bakal Tebar Dividen Rp 223 Miliar dari Laba Tahun 2022

Ia membeberkan, kinerja kuartal I-2023 ditunjang oleh pendapatan segmen business to business serta digital channel Prodia.

Kenaikan pendapatan dari rujukan eksternal untuk pemeriksaan preventif seperti rujukan rumah sakit, asuransi, dan BPJS juga cukup tinggi diatas 16 persen secara tahunan (year on year).

Adapun, kontraksi pada segmen B2C (Business to Customer) diperkirakan akan mereda pada kuartal berikutnya seiring dengan berakhirnya bulan Ramadhan.

Di sisi lain, layanan Home Service Prodia berkontribusi sebesar hampir 11 persen dari pendapatan.

Sementara, permintaan pelayanan melalui digital channel Prodia juga naik hampir 40 persen secara tahunan (year onyear) sehingga berkontribusi 16,8 persen terhadap total pendapatan perseroan.

"Dengan demikian, perseroan optimistis dapat mengejar pertumbuhan kinerja yang lebih baik di kuartal berikutnya," imbuh dia.

Baca juga: Dewi Muliaty, Karyawan Magang yang Kini Jadi Dirut Prodia


Sementara Direktur Keuangan Prodia Liana Kuswandi mengatakan, Prodia optimistis dapat bertumbuh dengan adaptasi teknologi dan inovasi dunia laboratorium medis. Dengan begitu, Prodia tetap dapat menunjukkan kinerja yang positif dan memberikan pelayanan yang terbaik kepada para pelanggan.

"Ke depannya, kami optimistis lini bisnis Prodia dapat berkembang dan bertumbuh dengan sejumlah inovasi yang ditawarkan dan diimplementasikan, serta adaptasi terhadap pemanfaatan teknologi terbaru laboratorium medis dan dinamika industri layanan kesehatan di Indonesia," tandas dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com