Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Allianz Life Cetak Laba Bersih Rp 635,5 Miliar pada 2022

Kompas.com - 12/05/2023, 19:00 WIB
Agustinus Rangga Respati,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Asuransi Allianz Life Indonesia (Allianz Life Indonesia) mencatat, laba bersih sebesar Rp 635,5 miliar sepanjang 2022.

Angka tersebut tumbuh 27,6 persen secara tahunan dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Hal tersebut ditopang oleh penjualan premi baru (APE) sebesar Rp 3,8 triliun pada 2022. Pangsa pasar perusahaan mencapai 10,1 persen di antara industri.

Business Director Allianz Life Indonesia Bianto Surodjo mengatakan, dalam jangka waktu 5 tahun terakhir, APE Allianz Life Indonesia telah bertumbuh sebesar 38,7 persen.

Baca juga: OJK Bakal Naikkan Modal Minimum Perusahaan Asuransi, Simak Rinciannya

"Pertumbuhan ini dilatarbelakangi oleh meningkatnya kesadaran masyarakat akan pentingnya perlindungan asuransi, serta membaiknya kondisi ekonomi di Indonesia," ujar dia dalam keterangan resmi, Jumat (12/5/2023).

Ia menambahkan, di tengah volatilitas pasar keuangan, Allianz Life Indonesia melakukan perubahan strategi untuk lebih fokus pada produk dengan metode pembayaran premi berkala dibandingkan dengan premi tunggal.

Bianto menjelaskan, kondisi tersebut berimbas pada pendapatan premi bruto (PBB) atau gross eritten premium/GWP) Allianz Life Indonesia pada 2022 turun 20,5 persen secara tahunan menjadi Rp 15,1 triliun.

Baca juga: Memahami Berbagai Jenis Asuransi

Namun demikian, porsi bisnis baru APE Premi Berkala terhadap total penjualan naik dari 78,7 persen di tahun 2021, menjadi 88 persen di tahun 2022.

Bianto menerangkan, Allianz Life Indonesia didukung oleh dua kanal distribusi utama, yaitu keagenan Allianz Star Network dan bancassurance.

Dari sisi PPB, keagenan memberikan kontribusi 55 persen dengan lebih dari 40.000 mitra bisnis. Adapun, 69 persen di antaranya adalah generasi milenial.

Di sisi lain, bancassurance memberikan kontribusi 42 persen terhadap PPB.

Allianz Life Indonesia bekerja sama dengan 14 mitra perbankan untuk pemasaran produk bancassurance dan asuransi jiwa kredit.

Baca juga: Survei IFG Progress: Gen Z Punya Persepsi Positif soal Industri Asuransi

Pada 2022, Allianz Life Indonesia membukukan total aset sebesar Rp 41,2 triliun.

"Di dalam bisnis selalu ada siklus, demikian pula pada bisnis asuransi. Walaupun tahun 2022 lalu pertumbuhan industri tertahan, tetapi kami memandang perkembangan bisnis ini dalam konteks jangka yang lebih panjang," imbuh dia.

Lebih lanjut, perusahaan mencatat Risk-Based Capital (RBC) sebesar 335 persen, di atas ketentuan OJK sebesar 120 persen.

Allianz Life Indonesia telah membayar klaim dan manfaat asuransi senilai Rp 10,9 triliun. Jumlah tersebut dibayarkan untuk lebih dari 310.000 klaim asuransi jiwa dan kesehatan produk konvensional dan syariah.

Sebagai informasi, jumlah tertanggung Allianz Life Indonesia mencapai 13 juta orang. Jumlah tersebut meningkat dari jumlah tahun 2020 sebanyak 10 juta tertanggung.

Baca juga: Ajak Masyarakat Persiapkan Masa Pensiun, Sun Life Hadirkan Paket Asuransi Syariah Baru

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com