Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Strategi Bahana TCW Investment Management Hadapi Volatilitas Pasar Jelang Tahun Politik

Kompas.com - 14/06/2023, 20:00 WIB
Kiki Safitri,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Menjelang pesta demokrasi yang akan berlangsung pada tahun 2024, kondisi pasar keuangan domestik terlihat bergerak cukup fluktuatif. Kepala Ekonom PT Bahana TCW Investment Management Budi Hikmat mengatakan, hal ini umum terjadi sebagai dampak menjelang tahun politik.

Dia mengatakan, berbagai risiko tentunya menjadi perhatian anak usaha IFG ini, mulai dari risiko suku bunga, risiko likuiditas, risiko nilai tukar dan risiko inflasi. Apalagi bank sentral Amerika akan mengadakan rapat terbuka atau yang disebut The Federal Open Market Committee pada 13-14 Juni, untuk memutuskan arah surat berharga yang dimiliki oleh otoritas, demi mendorong ekspansi sistem keuangan AS.

‘’Kondisi pasar keuangan saat ini cukup berfluktuatif, ditambah dengan meningkatkan sentimen dari dalam negeri menjelang pemilu, risiko yang perlu diperhatikan bila terjadi perubahan kebijakan fiskal dan moneter yang bisa mempengaruhi industri tertentu,” kata Budi melalui siaran pers, Rabu (14/6/2023).

Baca juga: OJK Fokus Jaga Sistem Keuangan di Tahun Politik

Budi mengatakan untuk menjaga keseimbangan faktor eksternal dan internal bukanlah hal yang mudah di tengah-tengah kondisi pasar keuangan global yang bisa berubah setiap saat, yang pastinya akan berdampak pada pasar keuangan di dalam negeri.

Investor obligasi memperkirakan The Fed akan mempertahankan suku bunga acuan sebesar 5,25 persen, setelah melakukan pengetatan moneter sangat agresif sejak tahun lalu dengan kenaikan suku bunga.

Pengetatan the Fed tersebut direspon oleh Bank Indonesia (BI), dengan menaikkan suku bunga acuan di dalam negeri dari 3,5 persen pada Juli 2022, secara bertahap naik menjadi 5,75 persen pada Januari 2023.

Memasuki Februari hingga Mei 2023, BI mempertahankan suku bunga acuan, untuk selanjutnya akan diputuskan kembali dalam rapat dewan gubernur yang akan dilaksanakan pada 21-22 Juni mendatang.

Baca juga: HSBC Prediksi Ekonomi Indonesia Bisa Melambat hingga di Bawah 5 Persen di Tahun Politik

 


Budi mengatakan, saat ini risiko suku bunga dan inflasi cukup terjaga. Tekanan inflasi sejak awal tahun mengalami penurunan, yang tercermin pada angka inflasi Mei 2023 sebesar 4 persen, dibandingkan akhir tahun lalu yang sempat naik ke 5,51 persen. Sedangkan nilai tukar rupiah menurut kurs tengah BI pada 5 Juni 2023 sempat tertekan ke level Rp 15.078, perlahan turun ke kisaran Rp 14.948 pada 13 Juni 2023.

‘’Selain menjaga keseimbangan berbagai risiko yang ada, kami juga cukup ketat dalam memilih sahamsaham untuk tempat berinvestasi, bisa saja satu korporasi ingin berinvestasi di saham tertentu, tapi setelah kami analisa ternyata saham itu cukup berisiko sehingga kami memberikan rekomendasi supaya perusahaan mempertimbangkan kembali pilihan sahamnya,” tutur Budi.

Baca juga: Tahun Politik 2024 Bakal Pengaruhi Calon Investor di IKN?

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com