Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kereta Panoramic Relasi Bandung-Surabaya Gubeng Resmi Beroperasi

Kompas.com - Diperbarui 18/06/2023, 16:03 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Kereta Api Wisata (KAI Wisata) mulai mengoperasikan Kereta Panoramic relasi Bandung-Surabaya Gubeng dan sebaliknya pada Jumat (16/6/2023).

Kereta Panoramic relasi Bandung-Surabaya Gubeng ini dirangkaikan dengan Kereta Api (KA) Wilis dan KA Turangga dan hanya beroperasi di akhir pekan.

Humas KAI Wisata M. Ilud Siregar mengatakan, sebelumnya Kereta Panoramic pernah dirangkaikan pada perjalanan KA Taksaka Tambahan relasi Gambir-Yogyakarta dan sebaliknya saat Kereta Panoramic diluncurkan pada 24 Desember 2022.

Baca juga: Beroperasi Setiap Hari, Simak Tarif dan Jadwal Kereta Panoramic

Perubahan dan penambahan Jadwal perjalanan kereta Panoramic tersebut merupakan upaya meningkatkan pelayanan dan permintaan para pelanggan setia kereta Panoramic serta adanya diberlakukan Grafik Perjalanan Kereta Api (Gapeka) baru.

Dengan demikian, Kereta Panoramic tidak hanya melayani relasi Jakarta-Bandung tetapi juga relasi Bandung-Surabaya Gubeng yang beroperasi setiap hari dan dirangkaikan dengan KA Argo Parahyangan.

"Hari ini Kereta Panoramic selain berjalan setiap harinya dengan perjalanan KA Argo Parahyangan relasi Gambir-Bandung (PP), juga berjalan di hari-hari weekend untuk relasi Bandung-Surabaya Gubeng yang dirangkaikan perjalanan dengan KA Wilis dan KA Turangga," ujarnya kepada Kompas.com, Jumat (16/6/2023).

Baca juga: Beroperasi Tiap Hari Mulai 3 Juni, Ini Jadwal Kereta Panoramic Terbaru

Sebagai informasi, Kereta Panoramic adalah kereta wisata dengan spesifikasi khusus untuk menikmati panorama sehingga dapat memberikan pengalaman yang berbeda bagi pelanggan lantaran dapat leluasa menikmati pemandangan di sepanjang perjalanan.

Sebab, Kereta Panoramic memiliki jendela berdimensi sangat besar di kedua sisinya dan atap kaca memanjang dari depan hingga belakang yang dapat dibuka tutup secara otomatis.

Untuk rangkaian saat ini Kereta Panoramic memiliki dua seat rangkaian dengan jumlah seat tempat duduk yang disediakan sebanyak kurang lebih 38 seat tempat duduk dari sebelumnya ada 46 seat tempat duduk.

Baca juga: Jadwal, Cara Beli dan Harga Tiket Kereta Panoramic untuk Bulan Maret 2023

Jadwal Kereta Panoramic

Jadwal Kereta Panoramic dibagi menjadi dua, yaitu untuk perjalanan setiap hari dan untuk perjalanan khusus akhir pekan.

Untuk rute perjalanannya juga dibedakan antara perjalanan setiap hari dan khusus akhir pekan. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai jadwal Kereta Panoramic, berikut rinciannya.

1. Jadwal Kereta Panoramic Setiap Hari

Kereta Panoramic yang beroperasi setiap hari ini dirangkaikan dengan perjalanan kereta api (KA) Argo Parahyangan dan hanya melayani rute Stasiun Gambir-Stasiun Bandung dan sebaliknya.

Berikut jadwal Kereta Panoramic yang beroperasi setiap hari:

  • KA Argo Parahyangan Panoramic (43 Pc) keberangkatan Stasiun Bandung pukul 06.00 WIB dan tiba di Stasiun Gambir Pukul 08.45 WIB.
  • KA Argo Parahyangan Panoramic (44 Pc) keberangkatan Stasiun Gambir pukul 09.30 WIB dan tiba di Stasiun Bandung pukul 12:26 WIB.
  • KA Argo Parahyangan Panoramic (45 Pc) keberangkatan Stasiun Bandung pukul 16.10 WIB dan tiba di Stasiun Gambir pukul 18.56 WIB.
  • KA Argo Parahyangan Panoramic (46 Pc) keberangkatan Stasiun Gambir pukul 19.45 WIB dan tiba di Stasiun Bandung pukul 22.30 WIB.

Baca juga: Kereta Panoramic Kembali Beroperasi, Berikut Rute dan Jadwalnya

2. Jadwal Kereta Panoramic Akhir Pekan

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com