Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Saham Teknologi Banyak Diburu, Wall Street Ditutup Mayoritas Hijau

Kompas.com - 23/06/2023, 08:40 WIB
Kiki Safitri,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

NEW YORK, KOMPAS.com - Bursa saham AS atau Wall Street ditutup mayoritas hijau pada Kamis (22/6/2023) waktu setempat. Pergerakan saham di AS didorong oleh aksi investor memborong saham Teknologi.

Nasdaq Komposit dan S&P 500, menghentikan penurunan beruntun tiga hari karena investor kembali membeli saham teknologi. Indeks saham teknologi itu menguat 0,95 persen menjadi 13.630,61, dan S&P 500 naik 0,37 persen menjadi 4.381,89. Keduanya ditutup mendekati tertinggi sesi. Sementara itu, Dow Jones Industrial Average (DJIA) turun 4,81 poin atau 0,01 persen menjadi 33.946,71.

"Nasdaq lebih tinggi hari ini setelah kemarin turun. Ekuitas tampaknya dalam mode jeda. Tarik menarik antara kubu pasar bullish dan bearish seimbang, yang menyiratkan ketidakpastian dan peningkatan volatilitas di masa mendatang,” kata Terry Sandven, kepala strategi ekuitas di Manajemen Kekayaan Bank AS mengutip CNBC.

Baca juga: Ingin Investasi di Wall Street, Simak Tips Cuan ala Pluang

Investor membeli beberapa saham teknologi utama yang sempat jatuh minggu ini. Saham Tesla ditutup lebih tinggi 1,98 persen meskipun jatuh pada hari sebelumnya. Analis Morgan Stanley Adam Jonas, yang menilai trend bullish pada Tesla, merevisi peringkatnya menjadi bobot yang sama dari bobot valuasi yang berlebihan.

Dia mengatakan saham Elon Musk tersebut menyajikan risiko yang lebih seimbang setelah reli. Sedangkan saham Amazon ditutup melonjak 4 persen, Microsoft naik 1,8 persen, dan Apple mencapai tertinggi baru sepanjang masa dengan kebaikan lebih dari 1 persen.

Baca juga: The Fed Pertahankan Suku Bunga, Wall Street Ditutup Bervariasi

 


Di sisi lain, pemasok Boeing, Spirit AeroSystems anjlok lebih dari 9 persen setelah perusahaan menghentikan produksi di fasilitasnya di Kansas. Penurunan ini mengikuti pengumuman pemogokan pekerja, yang akan dimulai pada hari Sabtu pekan ini. Secara terpisah, saham Boeing juga turun lebih dari 3 persen, yang membebani Dow.

S&P 500 turun 0,5 persen pada hari Rabu, menandai kinerja harian terburuknya di bulan Juni. Benchmark ekuitas sekarang turun 0,6 persen di minggu ini. Hal ini terjadi setelah indeks pasar yang lebih luas mencapai level tertinggi dalam lebih dari setahun pada pekan lalu.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com