Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Periode Liburan, Tarif Tol Krian-Gresik Didiskon hingga 35 Persen

Kompas.com - 28/06/2023, 09:00 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Waskita Toll Road memberlakukan diskon tarif Tol Krian-Gresik sebesar 11-35 persen dari tarif normal. Diskon tarif tol ini berlaku sejak 22 Juni 2023 pukul 06.00 WIB.

Direktur Pengendalian dan Keselamatan dan Kesehatan Kerja, Lingkungan, Mutu dan Pengamanan (K3LMP) Waskita Toll Road Mokh. Sadali mengatakan, diskon tarif tersebut dilakukan untuk memaksimalkan distribusi lalu lintas selama periofe libur Idul Adha dan libur sekolah.

Pemberlakukan diskon tarif tersebut juga diharapkan dapat berdampak positif terhadap perseroan, khususnya dalam rangka peningkatan volume lalu lintas Tol Krian-Gresik secara keseluruhan.

Baca juga: KAI Diskon Tiket Kereta Api 25 Persen, Berlaku Mulai Hari Ini

"Tarif diskon tersebut berlaku untuk semua golongan kendaraan dan khusus di Ruas Tol Krian-Gresik," ujarnya dikutip dari laman resmi Waskita Toll Road. Rabu (28/6/2023).

Dengan adanya diskon tarif tersebut, maka pengguna jalan dengan kendaraan Golongan 1 akan dikenakan tarif Rp 1.300 per kilometer (km), di mana tarif normal sebesar Rp 1.506 per km.

Sedangkan para pengguna jalan dengan kendaraan golongan II, III, IV dan V dikenakan tarif diskon Rp 1.500 per km, di mana tarif normal golongan kendaraan II dan III sebelumnya Rp 2.259 per km sedangkan tarif normal golongan kendaraan IV dan V sebesar Rp 3.012 per km.

Baca juga: Garuda Indonesia Tawarkan Diskon Tiket Pesawat hingga 80 Persen, Ini Rute-rutenya

Diskon tarif tol jarak terjauh dari Gerbang Bunder ke Gerbang Lebani golongan I yang semula sebesar Rp 43.500 didiskon menjadi Rp 37.500.

Lalu untuk kendaraan golongan II dan III yang semula bertarif Rp 65.500, didiskon menjadi Rp 56.500. Sedangkan untuk kendaraan golongan IV dan V yang semula bertarif Rp 87.500, akan dikenakan tarif sebesar Rp 56.500.

Sementara itu, pada Junction Wringinanom yang sudah beroperasi sejak 22 Februari 2023, tetap dikenakan tarif normal. Adapun besaran tarif Junction Wringinanom menuju Lebani Gresik dan sebaliknya sebesar Rp 5.500 untuk Golongan I, Rp 8.500 untuk Golongan II dan III, dan Rp 11.500 untuk Golongan IV dan V.

Baca juga: KAI Berikan Diskon Tiket hingga 25 Persen, Catat Ketentuannya

Kemudian untuk Junction Wringinanom menuju Belahanrejo dan sebaliknya sebesar Rp 10.500 untuk Golongan I, Rp 15.500 untuk Gol. II dan III, dan Rp 21.000 untuk Golongan IV dan V, Junction Wringinanom menuju Cerme dan sebaliknya sebesar Rp 32.000 untuk Golongan I, Rp 48.000 untuk Golongan II dan III, dan Rp 64.000,00 untuk Golongan IV dan V.

Selanjutnya, tarif normal Junction Wringinanom menuju Bunder dan sebaliknya sebesar Rp 42.000 untuk Golongan I, Rp 63.000 untuk Golongan II dan III, dan Rp 84.000,00 untuk Golongan IV dan V.

Sadali mengungkapkan, kehadiran Tol Krian-Gresik saat ini mempermudah akses pengguna jalan khususnya masyarakat Gresik yang akan berpergian ke wilayah lainnya di Jawa Timur.

Baca juga: Jasamarga soal Pengguna Tol Bayar Rp 724.000: Denda Salah Arah

"Adanya Tol Krian-Legundi-Bunder mempermudah akses dari Krian ke Bunder di Gresik, ditambah adanya Junction Wringinanom, tentunya akses masuk dan keluar Jalan Tol Krian-Gresik semakin mudah, sehingga manfaatnya dapat langsung dirasakan oleh masyarakat," jelasnya.

Sebagai informasi, ruas Tol Krian-Gresik terdiri dari 3 seksi yaitu Krian-Kedamean, Kedamean-Boboh, dan Boboh-Bunder, dengan total panjang 29,00 km dan telah beroperasi secara penuh.

Saat ini, Tol Krian-Gresik menjadi akses pendukung peningkatan perekonomian bagi kelancaran logistik, barang dan jasa di wilayah Kabupaten Sidoarjo dan Kabupaten Gresik, serta kawasan industri Krian.

Baca juga: Jalan Tol Cisumdawu Beroperasi Penuh Awal Juli 2023

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com