Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Tips agar Live Streaming Ramai dan Interaktif

Kompas.com - 02/07/2023, 09:10 WIB
Elsa Catriana,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Tren berbelanja lewat live streaming di e-commerce kian berkembang dan banyak disukai pelanggan. Sebab selain menawarkan lebih banyak bonus, para pelanggan bisa melihat produk yang dijual lebih puas lantaran produk yang ditampilkan bukan sekadar gambar namun didemokan.

Populix melalui surveinya mencatatkan popularitas tren live shopping atau berbelanja dan berjualan melalui fitur live streaming terus meningkat dan menunjukan potensi besar. Tren ini pun juga disebut-sebut sebagai masa depan e-commerce.

Oleh sebab itu penting bagi kamu mengetahui cara membuat live streaming agar ramai dan ditonton banyak pembeli.

Mengutip dari laman resmi Tokopedia, Minggu (2/7/2023), berikut adalah 7 tips agar live streaming ramai dan interaktif.

Baca juga: Survei Populix: Tingkat Live Streaming Shopping Terus Meningkat

1. Dekor latar tempat live streaming Ketika kamu hendak memulai live streaming jangan lupa untuk memasang nama toko atau promo yang lagi berlangsung di background lokasi live streaming.

2. Buat judul live streaming

Pada saat membuat judul jangan lupa memasukan kata-kata menarik yang memikat pelanggan seperti promo. Pemilihan judul promo juga harus menggugah para pelanggan seperti ‘Diskon Terbatas’, ‘Sale Gajian’, ataupun ‘Diskon 90 Persen’

3. Ajak karyawan di balik layar untuk meraimaikan

Selain menampilkan produk-produk yang dijual, tak salah jika kamu ikut membawa tim karyawan untuk meraimakan tempat live streaming kamu. Jangan lupa untuk memakasi terompet, tamborin, kecrekan ataupun peralatan lainnya yang lebih heboh.

4. Jawab pertanyaan dari pembeli

Hal yang penting yang harus kamu lakukan adalah jawab semua pertanyaan tentang produkmu. Demokan juga produk yang ditanyakan misa seperti pakaian ataupun skincare.

Baca juga: Tren Live Shopping di Medsos Diramal Bakal Terus Berlanjut

 5. Tanyakan hal menarik

Selain jualan, tanyakan juga beberapa pertanyaan seperti kabar mereka, isu terkini, domisili dan banyak lainnya.

 6. Buat gimmick berupa kuis atau giveaway

Bagikan hadiah-hadiah kecil tapi pemenangnya banyak. Missal, pulsa Rp 10.000 minimal pembelian Rp 70.000 ataupun kesempatan mendapa freebies.

7. Jika tidak ada yang menonton, tetap berbicara karena kamu nggak pernah tahu kapan penonton akan masuk ke live streaming kamu. Jangan sampai mereka menonton tapi dalam kondisi kamu terdiam dan tidak melakukan apapun.

Baca juga: idEA: Live Shopping Jadi Populer untuk Tarik Pembeli

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com