Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS

9 Kiat Sukses Bangun Usaha Coffee Shop dari Delta Coffee Roastery

Kompas.com - 03/07/2023, 19:01 WIB
Yakob Arfin Tyas Sasongko,
Aditya Mulyawan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kedai kopi alias coffee shop telah menjadi salah satu industri yang berkembang pesat di seluruh dunia beberapa tahun terakhir, termasuk di Indonesia.

Coffee shop tidak hanya menjadi tempat untuk menikmati secangkir kopi yang lezat, tetapi juga menjadi tempat yang nyaman untuk berkumpul, bekerja, dan bersantai.

Jika Anda memiliki minat dan niat yang kuat dalam membangun coffee shop, membangun usaha di bidang tersebut bisa menjadi pilihan yang menarik.

Salah satu perusahaan coffee roaster, Delta Coffee Roastery, punya sembilan kiat sukses untuk Anda ikuti. Berikut ulasannya.

1. Riset pasar dan tujuan bisnis

Langkah pertama adalah melakukan riset pasar untuk memahami tren terbaru dan permintaan pasar terhadap coffee shop.

Baca juga: 6 Tips Membangun Bisnis Coffee Shop yang Berpotensi Cuan

Perhatikan preferensi konsumen, kompetitor di daerah Anda, dan peluang yang ada. Selain itu, tentukan juga tujuan bisnis Anda, apakah Anda ingin fokus pada spesial kopi, menciptakan suasana kafe yang unik, atau menyediakan makanan ringan yang lezat?

2. Susun rencana bisnis

Setelah melakukan riset pasar, buatlah rencana bisnis yang komprehensif. Rencana ini harus mencakup visi dan misi bisnis Anda, strategi pemasaran, analisis keuangan, target penjualan, dan operasional kafe.

Rencana bisnis yang baik akan membantu Anda mengatur langkah-langkah yang perlu diambil dan memperoleh dukungan finansial dari pihak lain, seperti bank atau investor.

3. Pilih lokasi strategis

Pemilihan lokasi yang strategis sangat penting dalam usaha coffee shop. Pilihlah lokasi di daerah yang ramai, mudah diakses, dan memiliki potensi pasar yang baik.

Selain itu, perhatikan juga faktor lain, seperti ketersediaan area parkir, keamanan, dan aksesibilitas fasilitas publik di sekitar lokasi.

Baca juga: 7 Coffee Shop di Sentul untuk Nongkrong Asik di Akhir Pekan

4. Perencanaan interior dan desain kafe

Desain interior kedai kopi merupakan salah satu faktor penting dalam menciptakan suasana yang menarik dan nyaman bagi pelanggan.

Pilih tema serta gaya desain yang sesuai dengan konsep kafe Anda. Selain itu, pertimbangkan pula penggunaan furnitur yang tepat, pencahayaan yang cukup, dan tata letak yang efisien untuk menciptakan pengalaman menyenangkan bagi pelanggan.

5. Pilih pemasok biji kopi berkualitas

Kualitas kopi adalah faktor yang sangat penting dalam usaha coffee shop. Sebab itu, cari pemasok biji kopi yang dapat memberikan kualitas terbaik serta berbagai jenis kopi yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda.

Tak kalah penting, jalin kerja sama dengan petani kopi lokal atau pemasok kopi spesialis untuk mendukung ketersediaan bahan baku kopi.

6. Latih staf dengan baik

Staf yang berpengalaman dan terlatih merupakan aset berharga dalam usaha coffee shop. Pastikan Anda melibatkan mereka dalam proses pelatihan yang komprehensif, mulai dari pembuatan kopi yang sempurna, pengenalan jenis kopi, hingga pelayanan pelanggan yang baik.

Baca juga: 7 Rekomendasi Coffee Shop di Tangerang dan Tangsel

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com