Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sudah Dilarang Minyakita Masih Dijual di TikTok, Kemendag: Keywordnya 'Diakali'

Kompas.com - 06/07/2023, 10:30 WIB
Elsa Catriana,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perdagangan (Kemendag) buka suara ihwal masih ditemukannya pedagang (seller) yang menjual minyak goreng kemasan merk Minyakita di aplikasi TikTok.

Padahal pemerintah sendiri sudah melarang penjualan Minyakita secara online sejak Februari yang lalu agar stoknya bisa tersedia di pasar tradisional.

Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Isy Karim tak menampik bahwa masih ada seller yang menjual Minyakita di TikTok dengan modus mengganti kata kunci (Keyword) yang harusnya 'Minyakita' menjadi Mminyakita'.

"TikTok cukup patuh tapi masalahnya ada seller keyword-nya (diakali) Minyakita dituliskan double 'M' (Mminyakita'," ujar Isy saat ditemui Kompas.com di Jakarta, Kamis (6/7/2023).

Baca juga: TikTok Shop Bakal Turunkan Produk Minyakita yang Dijual di Aplikasinya

Oleh sebab itu Isy meminta agar manajemen TikTok bisa segera menurunkan produk tersebut. Isy juga mengaku pihaknya sudah meminta hal yang serupa ke Asosiasi E-Commerce Indonesia (idEa) agar mau tunduk menurunkan semua seller yang menjual Minyakita di online.

"Akan kita patroli terus kok, kalau ada langsung kita take down nanti. Kita juga komunikasikan dengan idEa untuk take down," ujar Isy.

Adapun berdasarkan pencarian Kompas.com di TikTok Shop, masih banyak para pedagang yang menjual Minyakita. Bahkan harga yang dibanderol melebih batas Harga Eceren Tertinggi (HET) yang sudah ditentukan yakni Rp 14.400 per liter.

Baca juga: Siap-siap, 24.000 Liter Minyakita Akan Dijual di Supermarket, Harganya Rp 14.000 Per Liter

Misalnya saja seller yang berada di Surabaya menjual Minyakita yang dibanderol seharga Rp Rp 15.500 per 1 liter.

Selain itu ada juga berbagai seller yang menjual Minyakita dengan memberi diskon besar-besaran hingga 99 persen seperti seller yang memiliki akun Balyaollshop di Semarang, Saquella shop di Jakarta Utara, Levia Erista di Bogor, dan masih banyak lagi.

Tak hanya itu modus penjualannya juga 'diakali' dengan mengganti nama produk yang seharusnya minyakita menjadi Minyak Kittaa.

Baca juga: Bapanas Minta Food Station Pasok Minyakita ke Ritel Modern

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com