Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Uji Coba LRT Jabodebek akan Dibagi 2 Tahap

Kompas.com - 11/07/2023, 20:50 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dan sejumlah stakeholder terkait sepakat uji coba LRT Jabodebek dilaksanakan 12 Juli sampai 15 Agustus 2023 dengan tarif Rp 1.

Kesepakatan ini diputuskan setelah Kemenhub menggelar rapat koordinasi untuk membahas kesiapan jelang dilakukannya uji coba operasional terbatas LRT Jabodebek pada Rabu besok.

"Berdasarkan kesepakatan dalam rapat, telah diputuskan mulai besok tanggal 12 Juli-15 Agustus 2023 akan dilakukan uji coba operasional terbatas," ujar Dirjen Perkeretaapian Kemenhub Risal Wasal dalam keterangan tertulis, Selasa (11/7/2023).

Terkait kesiapan uji coba operasional terbatas baik dari aspek keselamatan, keamanan dan pelayanan, Risal menjelaskan, telah menerima surat permohonan pelaksanaan uji coba operasional terbatas yang disampaikan oleh Direktur Utama KAI kepada Direktur Jenderal Perkeretaapian.

Baca juga: Beroperasi Penuh 18 Agustus, Simak Rute LRT Jabodebek 2023

Surat permohonan tersebut disampaikan setelah LRT Jabodebek mendapatkan rekomendasi safety assessment dari Siemens dan konsultan pengawas proyek pembangunan LRT Jabodebek.

Dalam uji coba terbatas nanti, selain uji coba pengoperasian LRT Jabodebek, juga sekaligus dilakukan uji coba terkait sistem pembayaran dan integrasi antarmoda di masing-masing stasiun yang dilewati.

"Kami telah berkoordinasi dengan BPTJ dan jajaran Dinas Perhubungan baik di DKI Jakarta, Depok, dan Bekasi terkait dengan penyiapan angkutan lanjutan seperti Bus Transjakarta, Jak Lingko, angkot, KRL, Kereta Cepat, dan lain sebagainya," kata Risal.

Sementara itu, Juru Bicara Kemenhub Adita Irawati menjelaskan, uji coba dilakukan untuk memperkenalkan dengan mengajak masyarakat untuk merasakan pengalaman baru menggunakan LRT Jabodebek.

Baca juga: Pendaftaran Uji Coba LRT Jabodebek Ditutup, Manajemen: Kuota Sudah Terpenuhi

"Untuk itu, aspek keselamatan dan keamanan perjalanan LRT Jabodebek menjadi perhatian utama kami sebelum dimulainya uji coba terbatas besok," tutur Adita.

Uji Coba LRT Jabodebek Dilakukan Bertahap

Adita mengungkapkan, uji coba operasional terbatas akan dilakukan secara bertahap, yaitu tahap pertama mulai 12-26 Juli 2023. Pada tahap ini, yang dapat mengikuti uji coba adalah undangan terbatas dari Kementerian atau Lembaga, jurnalis atau media, dan komunitas.

Selanjutnya, pada tahap kedua mulai 27 Juli-15 Agustus 2023, masyarakat umum dapat mengikuti uj coba dengan mengisi link pendaftaran yang disediakan oleh pihak operator LRT Jabodebek.

Adapun uji coba operasional terbatas akan dilaksanakan pada pukul 08.00-12.30 WIB dengan jumlah 4 perjalanan kereta api per hari, yang akan melayani 3 lintas, yaitu lintas Cawang-Dukuh Atas, Cawang-Harjamukti dan Cawang-Jatimulya.Dalam sehari, ditargetkan jumlah penumpang LRT maksimal 600 penumpang undangan.

Para undangan hanya dapat melakukan tap in di tiga Stasiun LRT Jabodebek yaitu di Stasiun Harjamukti, Jatimulya dan Dukuh Atas.

Namun para undangan dapat melakukan tap out di semua stasiun yang dilewati. Transaksi dapat dilakukan dengan menggunakan Kartu Uang Elektronik dari berbagai macam bank penyedia jasa layanan uang elektronik.

Baca juga: War Tiket Rp 1 Uji Coba LRT Jabodebek Mulai Hari Ini, Simak Ketentuannya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com