Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pendaftaran Uji Coba LRT Jabodebek Ditutup, Manajemen: Kuota Sudah Terpenuhi

Kompas.com - 11/07/2023, 13:35 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pendaftaran uji coba LRT Jabodebek telah ditutup selang beberapa jam setelah dibuka pada Senin (10/7/2023) sekitar pukul 18.30 WIB.

Manager Public Relations Divisi LRT Jabodebek Kuswardojo mengatakan, pendaftaran ditutup lantaran sudah mencapai kuota yang ditentukan.

"Iya (sudah ditutup). Kuotanya sudah terpenuhi," ujarnya saat dikonfirmasi Kompas.com, Selasa (11/7/2023).

Baca juga: Sudah Dibuka, Simak Link dan Cara Daftar Uji Coba LRT Jabodebek

Penutupan pendaftaran uji coba LRT Jabodebek ini diumumkan di Instagram @lrt_jabodebek selang 6 jam setelah pengumuman pendaftaran dibuka.

"Terima kasih atas antusiasmenya mengikuti pendaftaran terbatas pada Uji Coba Operasional LRT Jabodebek. Sehubungan dengan kuota pendaftaran yang sudah terpenuhi maka pendaftaran dengan terpaksa kami tutup," tulis akun Instagram @lrt_jabodebek, Senin malam.

Melihat kolom komentar unggahan tersebut, banyak masyarakat merasa kecewa lantaran waktu pendaftaran terlalu terlalu singkat.

Pasalnya, pada Senin kemarin pengumuman pembukaan pendaftaran uji coba LRT Jabodebek baru dilakukan malam hari sementara sejak pagi masyarakat telah menunggu link pendaftaran dibagikan di media sosial LRT Jabodebek.

"Yakin min udh closed aja .. utk ujicoba sd 15 Agustus quota sdh full .. Aneh banget," tulis salah seorang warganet.

"Baru dibuka linknya kmaren langsung udah tutup aja. Hadeh. Terbatas bgt ya? Atau membludak yg daftar? Kasian anak sy dah dijanjiin nyobain naik ini krn kebetulan stasiunnya dekat dr rumah. Nunggu buka beneran aja dah," kata seorang warganet.

Sebagai informasi, uji coba LRT Jabodebek secara terbatas ini akan dilaksanakan selama 12 Juli-15 Agustus 2023.

Baca juga: Wacana Kereta Cepat Sampai Surabaya, Kira-kira Habis Berapa Triliun?

Lantaran terbatas, kuota peserta yang dapat mengikuti uji coba LRT Jabodebek ini hanya dipilih sebanyak 600 orang per harinya yang akan diangkut dalam empat perjalanan.

Dalam uji coba ini, LRT Jabodebek mengenakan tarif sebesar Rp 1. Pembayaran akan dilakukan menggunakan kartu uang elektronik atau KMT yang masih berlaku.

Saat pendaftaran, calon peserta diperbolehkan memilih salah satu dari empat rute yang disediakan, yaitu Dukuh Atas-Harjamukti, Dukuh Atas-Jatimulya, Harjamukti-Dukuh Atas, dan Jatimulya-Dukuh Atas.

Setelah pendaftaran, calon peserta dapat menunggu konfirmasi jadwal keberangkatan dari Tim LRT Jabodebek yang akan dikirimkan melalui email, SMS, atau Whatsapp.

Konfirmasi tersebut menjadi bukti keikutsertaan yang akan diberikan kepada petugas saat masuk stasiun LRT Jabodebek untuk uji coba.

Baca juga: Tarif LRT Jabodebek Sudah Ditetapkan, Segini Besarannya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com