Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Soal Industri Hijau, Mark Dynamics Jamin Produknya Penuhi Standar

Kompas.com - 19/07/2023, 14:30 WIB
Yoga Sukmana

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Produsen cetakan sarung tangan, PT Mark Dynamics Indonesia Tbk (MARK) mejamin produknya sudah memenuhi standar internasional terkait industri hijau atau ramah lingkungan.

Presiden Direktur MARK Ridwan Goh mengaku pihaknya telah menjalani proses yang sangat ketat dan berkomitmen menjaga kelestarian lingkungan dalam menjalankan proses bisnis.

"Sertifikasi tersebut dilakukan guna memenuhi persyaratan kualitas kontrol produk dan sesuai dengan perlindungan lingkungan hijau," ujarnya dalam siaran pers, Rabu (19/7/2023).

Baca juga: Potensi Ekonomi Hijau dan Biru

Ridwan mengatakan Mark Dynamics sudah mengantongi tiga sertifikat sekaligus, yaitu ISO 9001:2015, ISO 14001:2015, dan ISO 45001:2018 yang terintegrasi dari QAI Certification Pte. Ltd yang bernaung di United Kingdom.

Sertifikasi ISO 9001 merupakan suatu standar internasional untuk sertifikasi sistem manajemen mutu. Sedangkan ISO 14001untuk sistem manajemen lingkungan yang membantu perusahaan mengidentifikasi, memprioritaskan, dan mengatur risiko-risiko lingkungan.

Adapun ISO 45001 merupakan standar internasional yang menangani kesehatan dan keselamatan di tempat kerja.

Baca juga: Ini Komitmen Pupuk Kaltim Kembangkan Industri Hijau

"Serangkaian penilaian ISO telah dijalankan oleh MARK dan perseroan berkomitmen untuk
menerapkan sistem ISO terintegrasi total dalam kegiatan ribuan karyawan untuk pelayanan
dan kualitas terbaik," kata Ridwan.

MARK berharap hal itu semakin memantapkan posisi perseroan di pasar internasional dan berkomitmen untuk selalu memperhatikan aspek lingkungan dalam menetapkan kebijakan dan proses bisnisnya.

Baca juga: Ini Strategi Kemenperin untuk Mempercepat Implementasi Industri Hijau

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com