Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sejumlah UMKM Gulung Tikar karena Persaingan Harga di TikTok Shop, Terbanyak di Sektor Konveksi

Kompas.com - 27/07/2023, 09:10 WIB
Elsa Catriana,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Staf Khusus Menteri Koperasi dan UKM Bidang Pemberdayaan Ekonomi Kreatif Kemenkop-UKM Fiki Satari mengatakan, pihaknya telah menerima aduan dari para pelaku usaha terkait produk impor yang membanjiri TikTok Shop .

Dia menuturkan, dengan masuknya barang impor yang diperjualbelikan di TikTok Shop membuat banyak pelaku UMKM yang gulung tikar, padahal baru mulai bangkit pasca pandemi.

"Beberapa temuan, beberapa hasil publikasi dan laporan dari pelaku UMKM kepada kami, ada laporannya banyak. Produk impor dijual UMKM dengan harga murah, faktanya ini menggerus UMKM ini ya, bagaimana dia bisa berkompetisi, ini menjadi concern, yang kita diskusikan dengan pihak TikTok," ujar Fiki usai melakukan perjumpaan dengan TikTok Shop di Jakarta, Rabu (26/7/2023).

"Untuk ini, kalau teman-teman TikTok maupun teman-teman yang lain punya willingness kan harusnya bisa. Karena gini, waktu demi waktu untuk UMKM itu kan sudah struggling banget, kalau sekalinya tutup, gulung tikar udah selesai enggak bisa dengan mudah bikin usaha baru, modalnya kan terbatas. Jadi kita tuh betul-betul harus tolongin UMKM mau menit, mau jam, hari itu matters bagi UMKM," sambung Fiki.

Baca juga: Dampak Produk Impor, UMKM Terancam Gulung Tikar

Hal ini juga diamini oleh Direktur Bisnis dan Pemasaran Smesco Indonesia Wientor Rah Mada. Dia mengungkapkan, pihaknya telah menerima sejumlah laporan dari pelaku UMKM yang gulung tikar lantaran tidak mampu bersaing harga dengan produk impor yang dijual murah di platform TikTok Shop.

Adapun salah satu pelaku UMKM yang menyampaikan keluhan tersebut, kata dia, adalah UMKM dari kategori konveksi sweater.

"Yang sudah masuk speak up ada lebih dari 70  orang (penjual) yang mereka terkena dampak. Yang masuk ke kami yang bangkrut itu adalah UMKM kategori konveksi sweater karena tidak bisa bersaing harga, pure karena harga," ujar Wientor.

Bahkan untuk harganya sendiri, banyak para penjual sweater di TikTok yang membanderol dengan harga miring hingga Rp 15.000.

"Coba lihat, TikTok Shop, pernah belanja? dibuka aja gitu sweater Rp 20.000, Rp 15.000, gimana kita bisa bersaing? itu sudah mati. Sudah jelas-jelas dia ngomong, saya enggak bisa bersaing lagi, harga segitu, mati bisnis saya. udah titik," kata Wientor.

Baca juga: Project S TikTok Bisa Ancam UMKM RI, Menkominfo Bersiap Bentuk Satgas

Oleh sebab itu Wientor menilai, salah satu langkah yang harus dilakukan TikTok adalah menghentikan secara total penjualan produk impor dari aplikasinya.

Wientor juga mengajak semua pihak baik dari Kementerian dan pemain e-commerce hingga social commerce mau berkolaborasi untuk fokus pada produk UMKM agar bisa bertahan dan bersaing di tengah gempuran produk impor yang dijual murah.

"Kita fokus di situ, kita tidak usah ngomongin cross border ini segala macam gimana caranya biar produk UMKM bisa bersaing udah itu saja," pungkasnya.

Baca juga: Panggil Tiktok soal Project S, Kemenkop UKM: Kedepankan Semangat Merah Putih

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com