Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rel Layang Simpang Joglo Beroperasi Juni 2024

Kompas.com - 31/07/2023, 12:56 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) tengah membangun jembatan layang atau elevated rel kereta api di Simpang Joglo, Solo, Jawa Tengah.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menargetkan rel kereta api layang ini dapat beroperasi mulai Juni 2024.

"Di Solo, kita tengah mengupayakan penyelesaian pembangunan jembatan rel kereta api elevated sepanjang 270 meter, tepatnya di Simpang Joglo," ujarnya dalam keterangan tertulis, Minggu (30/7/2023).

Baca juga: Cara Membatalkan Tiket Kereta Api secara Online

Adapun rangka jembatan yang digunakan dalam pembangunan jembatan rel kereta api ini menggunakan besi bulat dan sebagian besar pengerjaanya merupakan buatan dalam negeri.

"Teknologi ini merupakan yang pertama dilakukan di Asia Tenggara dan 90 persennya adalah produk lokal," kata Budi.

Pembangunan rel kereta api layang Simpang Solo ini, diharapkan dapat mengatasi kemacetan yang selama ini terjadi akibat adanya perlintasan sebidang di Simpang Joglo, Solo.

Adapun keberadaan jalur ganda kereta api Solo-Semarang sangat penting untuk meningkatkan keterhubungan antara kota Solo, Semarang, Purwokerto, dan Yogyakarta.

Baca juga: Kenapa Disebut Kereta Api, Padahal Bertenaga Diesel?

Selain itu, sejumlah proyek peningkatan perkeretaapian juga tengah dilakukan di Jawa Tengah pada 2022-2024, yaitu pembangunan Jalur Ganda KA antara Solo-Semarang Fase I termasuk pembangunan Jalur KA Layang Simpang Joglo sepanjang 10 kilometer dan Jembatan Rangka Baja Simpang Joglo sepanjang 270 meter.

Kemudian, peningkatan jalur kereta Maos-Cilacap sepanjang 21 km pada 2023-2024, peningkatan jalur kereta Solo-Wonogiri sepanjang 32 km selama 2023-2024, dan reaktivasi jalur kereta Semarang Tawang-Pelabuhan Tanjung Emas tahap II sepanjang 2,1 km.

Selanjutnya juga ada pembangunan box culvert pada BH 1149 km 312+075 antara Linggapura-Bumiayu dan Saluran Terbuka antara BH 1313 KM 336+686 antara Karangsari-Karanggandul lintas Cirebon-Kroya.

Baca juga: Uji Coba LRT Jabodebek, Menhub: Laju Kereta Sudah Lebih Halus dan Nyaman

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com