Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anak Usaha PLN Gandeng ABB Kembangkan SPKLU di Indonesia

Kompas.com - 02/08/2023, 15:40 WIB
Ade Miranti Karunia,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - ABB dan Haleyora Power menandatangani Nota Kesepahaman dalam mengembangkan dan menyediakan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di Indonesia.

Plt. Direktur Utama Haleyora Power Isral mengatakan, pemerintah menargetkan 2,1 juta motor listrik dan 20.000 kendaraan listrik sudah beroperasi pada 2025.

Peningkatan jumlah kendaraan listrik tersebut tentu harus dibarengi dengan infrastruktur pendukung seperti layanan pengisian daya. 

"Penandatanganan MoU ini sebagai langkah penting dalam kolaborasi yang lebih kuat antara Haleyora Power dan ABB Indonesia untuk pengembangan infrastruktur pengisi daya kendaraan listrik di Indonesia. Hal ini juga menekankan komitmen kami terhadap Pemerintah Indonesia dalam mendukung program net zero emission," ucapnya dalam penandatanganan tersebut di Jakarta, Rabu (2/8/2023).

Baca juga: Konversi Kendaraan Listrik Dinilai Hemat Biaya, Ini Hitungan Pengusaha

Haleyora Power merupakan anak perusahaan PT PLN (Persero) yang mendapatkan mandat untuk mengelola bisnis penjualan tenaga listrik, yang diharapkan dapat lebih kompetitif di masa mendatang melalui pengembangan penyediaan tenaga listrik dengan layanan khusus dan tarif untuk mengurangi subsidi.

Dalam kesempatan itu, Region Leader Asia Pasifik ABB E-Mobility Pte. Ltd, Weejin Lee menambahkan, pentingnya perangkat daya yang mengikuti standar demi keamanan dan kenyamanan pengguna ketika melakukan pengisian.

Melalui kolaborasi ini, ABB and Haleyora Power akan melakukan berbagai kajian dan diskusi terkait pengembangan layanan pengisi daya kendaraan listrik yang mencakup namun tidak terbatas.

"ABB E -mobility akan terus mendukung Pemerintah Indonesia dalam upaya mewujudukan ekosistem infrastruktur pengisi daya yang andal," ucap Weejin.

Baca juga: Indonesia Akan Tiru Vietnam dan Thailand Terkait Insentif Kendaraan Listrik

ABB E-mobility telah melakukan instalasi beberapa pengisi daya cepat di BPPT Serpong, Jawa Barat dan di Kantor Pusat PLN Unit Distribusi Jakarta. ABB juga telah memajang unit pengisi daya di kompleks perkantoran WTC yang berlokasi di Pusat Distrik Bisnis (CBD) Jakarta, yang juga merupakan lokasi kantor pusat ABB di Indonesia.

Selain itu, ABB E-mobility juga telah melakukan instalasi pengisi daya untuk tempat tinggal, pusat perbelanjaan, dan pabrikan kendaraan listrik atau dikenal dengan AC wallbox.

PLN mengklaim saat ini sudah menyediakan ratusan unit SPKLU yang tersebar di berbagai lokasi di Indonesia, guna mendukung penggunaan mobil listrik berbasis baterai.

Hal ini katakan Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo, dalam gelaran The 11th EBTKE ConEx 2023, sebuah ajang untuk mempercepat transisi energi di Indonesia untuk mencapai target net zero emission (NZE) pada tahun 2060.

"Saat ini PLN sudah mengembangkan 616 SPKLU di 351 titik tersebar secara nasional, sedangkan untuk SPBKLU sudah ada 1.401 unit," kata Darmawan dalam keterangan tertulis, Kamis (13/7/2023).

Baca juga: Ketidakpastian Global Masih Tinggi, Imbal Hasil SBN Naik

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com