Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apresiasi Insan Media, Pegadaian Gelar Media Awards 2023

Kompas.com - 02/08/2023, 21:34 WIB
Nur Jamal Shaid

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pegadaian menggelar acara Pegadaian Media Awards 2023 sebagai bentuk apresiasi sekaligus menjadi ajang silaturahmi antara manajemen dengan Insan Media. Acara ini digelar di Ballroom Kantor Pusat Pegadaian, Jakarta, Selasa (1/8/2023).

Direktur Utama PT Pegadaian, Damar Latri Setiawan mengatakan Pegadaian Media Awards 2023 digelar sebagai bentuk apresiasi dan rasa terima kasih Pegadaian kepada seluruh Insan Media yang telah membantu menyebarkan informasi yang positif dan luar biasa tentang Pegadaian.

"Tanpa media, tentu informasi tentang Pegadaian tidak akan sampai ke masyarakat secara luas. Sekali lagi saya ucapkan terima kasih dan selamat kepada para pemenang dan para penerima apresiasi,” ujar Damar.  

Baca juga: Indonesia Hentikan Impor Sapi Australia, Pengusaha: Jangan Sampai Terjadi Kekurangan...

Pada kesempatan tersebut, Damar menyampaikan kinerja perusahaan yang gemilang pada semester I tahun 2023.

Menurut Damar, peran media ikut berkontribusi terhadap kinerja Pegadaian yang secara tidak langsung membantu memperkenalkan produk dan layanan Pegadaian melalui pemberitaan ke masyarakat.

Hal ini terbukti, Pegadaian berhasil mencatatkan laba di semester I tahun 2023 sebesar Rp 2,1 triliun, aset tumbuh 12,9 persen secara year on year (YoY). 

Baca juga: Mendag Zulhas Janji Respons Cepat Keluhan Industri dan Petani Tembakau

"Omset yang juga naik 12, persen secara year on year (YoY), juga didukung peningkatan jumlah nasabah sebesar 10,68 persen dari 20,6 juta orang pada Juni 2022 menjadi 22,8 juta orang pada Juni 2023 berpengaruh pada pencapaian bisnis yang tumbuh positif pada kinerja keuangan perusahaan," jelas Damar.

Ketua Dewan Pers Ninik Rahayu menyampaikan apresiasi kepada Pegadaian yang telah memberikan kemerdekaan pers untuk berkarya melalui lomba karya jurnalistik maupun pemberian penghargaan seperti yang dilakukan melalui Pegadaian Media Awards 2023 ini.

“Dewan pers selalu mendukung berbagai upaya multi stakeholder yang turut memberikan dukungan pada kemerdekaan pers, Pegadaian Media Awards adalah salah satu cara penghargaan kepada media yang menghasilkan karya jurnalistik berkualitas,” ucap Ninik.

Baca juga: Gandeng DBS, BNP Paribas Bidik Dana Kelolaan Reksadana ESG Tumbuh Rp 100 Miliar

Sementara itu Ketua IJTI Pusat Herik Kurniawan mengucapkan terima kasih kepada Pegadaian atas kerjasama yang masih terjalin dalam 2 tahun ini, kepada dewan juri yang telah meluangkan waktu, serta kepada para jurnalis yang telah berpartisipasi sehingga tercatat lebih 200 karya telah diterima oleh panitia. 

"Semoga kita dapat menumbuhkan prinsip kompetitif yang sehat dan menjaga independensi jurnalistik, bukan hanya sekedar lomba namun juga dapat meningkatkan kualitas pers di Indonesia," ujar Herik.

Pada penyelenggaraan Lomba Karya Jurnalistik IJTI-Pegadaian, terpilih 12 jurnalis yang menjadi pemenang untuk masing-masing kategori Media Televisi, Cetak, Daring dan juga Foto. Juara pertama mendapat hadiah Rp 10 juta, juara 2 mendapat Rp 7,5 juta dan juara 3 mendapat Rp 5 juta.

Baca juga: Wamen BUMN Buka-bukaan Amburadulnya Koordinasi Para Kontraktor LRT

Sedangkan 15 orang jurnalis, 5 dari media cetak dan 10 dari media online, dua di antaranya diraih jurnalis Kompas.com mendapatkan apresiasi berupa Tabungan Emas Pegadaian. Apresiasi tersebut sebagai kontributor dengan publikasi tentang Pegadaian terbanyak sepanjang tahun 2022 yang dinilai berdasarkan hasil media monitoring.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com