Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Info Pelabuhan Tribuana, Jadwal Kapal, dan Tarif Tiket ke Nusa Penida

Kompas.com - 10/08/2023, 18:40 WIB
Muhammad Idris

Penulis

KOMPAS.com - Pelabuhan Tribuana adalah salah satu akses paling utama dari daratan Pulau Bali untuk menuju ke Nusa Penida. Pelabuhan juga lebih sering dikenal dengan Pelabuhan Kusamba.

Sebagai informasi saja, Nusa Penida adalah salah satu gugusan pulau yang ada di Kabupaten Klungkung di bagian Tenggara Pulau Bali. Selain Nusa Penida, pulau lainnya adalah Nusa Ceningan dan Nusa Lembongan.

Baik Nusa Penida, Lembongan, maupun Ceningan merupakan salah satu tujuan wisata paling favorit di Bali. Sebenarnya selain melalui Pelabuhan Kusamba, akses ke Nusa Penida bisa melalui Karangasem, Sanur Denpasar, dan bisa juga dijangkau dari Lombok.

Memang dibandingkan dengan Pelabuhan Tribuana, banyak wisatawan yang lebih memilih menyeberang ke Nusa Penida melalui Sanur lantaran lebih mudah dan dekat dengan pusat-pusat pariwisata di Bali yang berada di sekitar Denpasar.

Baca juga: Info Pelabuhan Semayang Balikpapan, Jadwal Kapal, dan Tiketnya

Namun begitu, bukan berarti Pelabuhan Kusamba relatif sepi. Pelabuhan Tribuana tetap remai karena digunakan masyarakat lokal maupun wisatawan yang sebelumnya berwisata di Klungkung untuk bisa menuju ke Penida.

Jadwal dan Tiket Pelabuhan Tribuana

Dari Pelabuhan Kusamba, wisatawan bisa menyeberang ke Nusa Penida menggunakan kapal cepat (speed boat) dengan waktu sekitar 25 menit. Bagi Anda yang membawa kendaraan, bisa menitipkan sepeda motor atau mobil di tempat penitipan yang ada di sekitar pelabuhan.

Pelabuhan Kusamba Nusa Penida buka setiap hari dari pukul 06.00 WITA hingga sore hari. Durasi antar-keberangkatan kapal rata-rata adalah setiap 30 menit.

Jadi Anda tak perlu khawatir apabila Anda tertinggal kapal, Anda bisa menaiki kapal yang berangkat 30 menit selanjutnya.

Baca juga: Info Pelabuhan Pantoloan Palu dan Jadwal Kapalnya

Beberapa armada kapal cepat yang melayani rute Kusamba Nusa Penida antara lain Gangga Ekspress, Angkal Fast, dan Jaya Fast Boat.

Setiap operator kapal menetapkan tarif yang berbeda-beda, namun secara umum tarif penyeberang dari Pelabuhan Tribuana yakni:

Tarif domestik

  • One way atau sekali jalan: Rp 65.000
  • Return atau pulang pergi: Rp 130.000

Tarif wisatawan asing

  • One way atau sekali jalan: Rp 150.000
  • Return atau pulang pergi: Rp 285.000

Itulah informasi seputar Pelabuhan Tribuana atau Pelabuhan Kusamba. Semoga bisa membantu perjalanan Anda.

Rute Kusamba Nusa Penida bisa diakses dengan kapal speed boat dari Pelabuhan Tribuana atau Pelabuhan Kusamba di Kabupaten Klungkung.KOMPAS.com/NIBRAS NADA NAILUFAR Rute Kusamba Nusa Penida bisa diakses dengan kapal speed boat dari Pelabuhan Tribuana atau Pelabuhan Kusamba di Kabupaten Klungkung.

Baca juga: Profil Pelabuhan Jamrud Surabaya, Terminal Tersibuk di Tanjung Perak

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com