Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seleksi CPNS dan PPPK Dimulai September, Simak Alokasi Formasinya

Kompas.com - 23/08/2023, 05:30 WIB
Mela Arnani

Penulis

KOMPAS.com - Tahun ini, pemerintah akan kembali membuka rekrutmen tenaga aparatur sipil negara (ASN), baik untuk instansi pemerintah pusat maupun daerah.

Disadur dari informasi resmi Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB), rekrutmen ASN tahun 2023 meliputi calon pegawai negeri sipil (CPNS) dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK).

Akan dibuka sebanyak 572.496 formasi ASN yang terdiri dari 78.862 formasi di instansi pemerintah pusat dan 493.634 formasi di pemerintah daerah.

Menteri PAN-RB Abdullah Azwar Anas menjelaskan, rekrutmen ASN dilakukan sebagai upaya menyelesaikan penataan tenaga non-ASN atau honorer.

Sebagai informasi, tenaga non-ASN atau honorer di Indonesia tercatat sebanyak 2,3 juta dan saat ini dalam proses audit oleh Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) bersama Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Baca juga: Rekrutmen CPNS dan PPPK 2023, Ini Formasi yang Dibutuhkan

Formasi terbanyak

Disebutkan bahwa dalam rekrutmen ASN 2023, formasi terbanyak akan dibuka untuk pelamar dari tenaga non-ASN atau honorer.

“Pemerintah secara konsisten memberikan afirmasi, menunjukkan keberpihakan untuk tenaga non-ASN atau honorer, juga kepada eks THK-II (Tenaga Honorer eks Kategori II), karena mereka telah mengabdi,” tutur Anas dalam keterangan resmi yang dikutip Kompas.com, Rabu (23/8/2023).

“Rekrutmen ASN 2023 ini, sebanyak 80 persen di antaranya untuk pelamar dari tenaga non-ASN dan 20 persen untuk pelamar umum,” lanjut Anas.

Baca juga: Simak, Ini 5 Perbedaan CPNS dan PPPK

Adapun formasi terbanyak dialokasikan untuk guru dan tenaga kesehatan. Hal tersebut mengacu terhadap arah kebijakan rekrutmen ASN 2023 yang salah satunya berfokus pada pelayanan dasar.

“Hampir 80 persen formasi 2023 untuk guru dan tenaga kesehatan,” jelas Anas.

Selain bidang pendidikan dan kesehatan, pemerintah juga memberikan kesempatan untuk talenta digital dan data scientist.

Sementara itu, tahun ini rekrutmen pada formasi yang terdampak transformasi digital akan dikurangi.

Baca juga: Rekrutmen CPNS dan PPPK 2023 Akan Dibuka untuk Umum

Alokasi formasi CASN 2023

Formasi calon ASN (CASN) di pemerintah pusat terdiri dari 28.903 untuk CPNS dan 49.959 untuk PPPK.

Lebih lanjut, di pemerintah daerah dialokasikan khusus sebanyak 296.084 PPPK guru, 154.724 PPPK tenaga kesehatan, dan 42.826 PPPK teknis.

Untuk diketahui, proses seleksi CPNS maupun PPPK tahun 2023 akan dimulai pada September mendatang.

Sebelumnya, Kementerian PAN-RB menetapkan sebanyak 1.030.751 kebutuhan ASN secara nasional di tahun ini. Tapi, terdapat instansi dan pemerintah daerah yang tidak mengusulkan formasi.

Baca juga: Cara Isi Daftar Riwayat Hidup PPPK Guru Tahun Anggaran 2022

Baca juga: Seleksi CPNS Kembali Dibuka di 2023, Ini Formasi yang Menjadi Prioritas

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com