Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Vaksin Rotavirus Gratis, Ini Dosis dan Cara Mendapatkannya

Kompas.com - 23/08/2023, 08:29 WIB
Mela Arnani

Penulis

KOMPAS.com - Imunisasi Rotavirus (RV) telah masuk ke dalam imunisasi wajib yang ditanggung pemerintah. Artinya, vaksin ini bisa diakses secara gratis di seluruh Indonesia.

Rotavirus adalah penyebab utama diare berat pada balita. Pencegahan penyakit ini bisa dilakukan dengan pemberian imunisasi tetes Rotavirus.

Untuk diketahui, penyakit diare telah menyumbang kematian kedua setelah pneumonia atau infeksi paru pada bayi dan balita.

Selain itu diare juga akan menghambat tumbuh kembang anak dikarenakan bisa menimbulkan stunting. Zat mikro yang dibutuhkan tubuh anak untuk tumbuh, hilang karena infeksi diare berulang dan nilai gizi anak pun berkurang.

Disadur dari laman resmi Kementerian Kesehatan (Kemenkes), data profil kesehatan Indonesia tahun 2020 menunjukkan diare menyumbang kematian pada bayi berusia 29 hari-11 bulan sebesar 9,8 persen dan 4,5 persen pada kelompok balita usia 12-59 bulan.

Baca juga: Daftar dan Dosis Vaksin Booster Covid-19 Kedua

Dosis, sasaran, dan jenis vaksin Rotavirus

Imunisasi Rotavirus diberikan sebanyak tiga dosis mulai bayi usia 2 bulan dan maksimal usia 4 bulan, dengan interval minimal empat minggu antar dosis.

Pemberian vaksin Rotavirus yang tepat waktu bertujuan memberikan perlindungan pada bayi sedini mungkin dari diare yang disebabkan Rotavirus.

“Imunisasi Rotavirus ini diberikan sebanyak tiga dosis, pada bulan kedua, pada bulan ketiga, dan pada bulan keempat saat anak-anak tersebut mulai berkembang, karena waktu-waktu itulah anak mulai makan-makanan tambahan yang cenderung peluang diare lebih besar,” ujar Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono dalam keterangan tertulis yang dikutip Kompas.com, Rabu (23/8/2023).

Baca juga: Ketahui, Ini Ketentuan Dosis Vaksin Covid-19 Booster Kedua

Pemberian imunisasi Rotavirus di Indonesia telah dilaksanakan secara bertahap mulai tahun 2022 di 21 kabupaten/kota.

Mulai 15 Agustus 2023, imunisasi tetes Rotavirus diberikan secara nasional di posyandu, puskesmas, rumah sakit, praktik dokter mandiri, klinik, maupun fasilitas pelayanan kesehatan lainnya.

Adapun sasaran penerima imunisasi tetes Rotavirus adalah bayi usia 2, 3, dan 4 bulan dengan usia paling cepat adalah bayi berusia 2 bulan atau bayi yang lahir pada 16 Mei 2023.

Terkait jenis vaksin tetes yang digunakan, pemerintah memberikan vaksin Rotavirus pentavalen.

Baca juga: Cara Cek dan Download Sertifikat Vaksin Covid-19 di Aplikasi SatuSehat

Cara pemberian vaksin Rotavirus

Dilansir dari pemberitaan sebelumnya, untuk mendapatkan imunisasi Rotavirus secara gratis, orang tua dapat membawa bayinya ke fasilitas kesehatan terdekat.

Sebelum diberikan imunisasi Rotavirus, orang tua harus memastikan bayinya dalam kondisi sehat, tidak demam, tidak batuk, maupun tidak sakit seperti diare.

Nantinya, vaksin Rotavirus akan diberikan dengan cara diteteskan ke mulut bayi sebanyak lima tetes setiap imunisasinya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com