Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

ASDP Terapkan "Online Ticketing" di Pelabuhan Lembar NTB

Kompas.com - 28/08/2023, 20:38 WIB
Aprillia Ika

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) menerapkan layanan online ticketing berbasis website trip.ferizy.com di Pelabuhan Lembar, Nusa Tenggara Barat (NTB) mulai besok, 29 Agustus 2023.

Sebelumnya, layanan online ticketing ini sudah sukses dilakukan di Pelabuhan Padangbai di Bali.

Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Shelvy Arifin mengatakan akselerasi perluasan layanan online ticketing ini bertujuan meningkatkan kinerja, layanan konsumen, dan efisiensi operasional.

"Hal ini dilakukan dengan tujuan meningkatkan layanan dan kualitas layanan ASDP, sehingga pengguna jasa dapat merasakan pengalaman transaksi yang modern, mudah, cepat, dan aman,” kata Shelvy melalui keterangan pers, Senin (28/8/2023).

Sebagai informasi, ASDP telah memulai proses digitalisasi dan melaksanakan transformasi digital secara bertahap sejak 2017.

Sebelum implementasi perluasan layanan online ticketing berbasis website diterapkan di Pelabuhan Lembar dan Pelabuhan Padangbai, ASDP telah menganalisis dan melakukan observasi beragam permasalahan seperti adanya demand yang tidak terprediksi sehingga sering terjadi antrean di titik padat pengguna jasa.

Baca juga: Tarif Penyeberangan Merak-Bakauheni per Agustus 2023 dan Cara Beli Tiket Via Ferizy

Manfaat ticketing online

Menurut ASDP, manfaat dari transformasi digital pembelian tiket penyeberangan sangat signifikan bagi perusahaan serta memperkuat citra perusahaan dengan menerapkan standar keamanan siber berbasis ISO.

“Keuntungan utamanya adalah perusahaan dapat memastikan jumlah kendaraan dan penumpang yang melakukan penyeberangan secara lebih akurat, dan dapat menghilangkan praktik percaloan di pelabuhan, yang berdampak positif pada peningkatan pendapatan perusahaan,” tambah Shelvy.

Dengan beragam masukan baik dari masyarakat maupun Pemerintah untuk kelancaran layanan penyeberangan, akselerasi ticketing online ini akan memudahkan pengguna jasa dari proses pembelian tiket yang dapat dilakukan dimanapun dan kapanpun, hingga mampu meminimalisir potensi antrian di pelabuhan melalui pembatasan kuota.

Sedangkan manfaat bagi manajemen, digitalisasi dapat mengontrol revenue dengan memantau penjualan tiket secara real time dan transparan.

"Pastinya, lewat penerapan layanan online ticketing, manajeman dapat meminimalisir praktek percaloan dan mengantisipasi perilaku curang (fraud)," ujar Shelvy.

Baca juga: Penerapan E-ticketing Ferizy Tekan Calo Tiket Kapal Penyeberangan

Pembelian tiket online

Pelabuhan Padangbai melayani rute Padangbai – Lembar dan Padangbai - Nusa Penida.

Pelabuhan Padangbai menyediakan beragam pilihan metode pembayaran, diantaranya menggunakan virtual account di mana ASDP telah bekerja sama dengan lebih dari 10 bank di Indonesia, dan juga melalui e-wallet seperti LinkAja, OVO, Dana, ShopeePay, dan blu BCA Digital.

ASDP mengimbau pengguna jasa untuk memastikan pengisian data penumpang dan data kendaraan terisi dengan benar dan lengkap, serta memastikan telah memiliki tiket H-1 keberangkatan untuk mencegah kehabisan tiket.

"Perlu diperhatikan juga pembelian tiket ini dapat dilakukan sejak H-60 keberangkatan," lanjut Shelvy.

Baca juga: Tarif Penyeberangan ASDP Kelas Ekonomi Naik Per 3 Agustus di 29 Lintasan Ini

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com