Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Soal Kerangka eSAF Motor Honda, Menperin: KNKT Bilang Aman

Kompas.com - 31/08/2023, 19:15 WIB
Haryanti Puspa Sari,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita buka suara soal ramai kerangka enhanced Smart Architecture Frame (eSAF) keropos atau patah pada sepeda motor Honda.

Agus mengatakan, pihak Astra Honda Motor (AHM) sudah memberikan klarifikasi terkait hal tersebut.

"Motor Honda patah kan sudah diklarifikasi langsung oleh Honda, dan KNKT sudah juga memberikan satu rilis bahwa tidak ada masalah dengan produsennya," kata Agus di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Kamis (31/8/2023).

Agus juga mengatakan, Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) juga sudah memberikan keterangan bahwa produk Honda aman bagi konsumen.

"KNKT sudah mengeluarkan rilis bahwa produk Honda tersebut aman, memang mereka yang punya kewenangan/otoritas," ujarnya.

Baca juga: Bawa Rangka eSAF Bermasalah ke Bengkel Resmi, KNKT: Gratis

Sebelumnya diberitakan, sejumlah pemilik sepeda motor Honda menemukan rangka eSAF motornya berkarat dan patah saat digunakan.

Sejumlah video pemilik sepeda motor Honda yang mengalami patah rangka eSAF, sempat ramai di media sosial.

Rangka eSAF merupakan rangka berteknologi Enhanced Smart Architecture Frame (eSAF) di sepeda motor Honda yang menghubungkan bagian depan motor dengan tempat duduk pengendara.

Pemilik sepeda motor Honda yang mengalami kerusakan pada rangka eSAF berhak mendapatkan perbaikan dari pihak PT Astra Honda Motor.

Baca juga: Astra Bantah Recall Motor Honda gara-gara Isu eSAF Gampang Keropos

Direktur Pemasaran AHM Octavianus Dwi Putro mengatakan, ada beberapa faktor yang menyebabkan rangka sepeda motor bisa patah.

Ia mengatakan, hal tersebut tergantung case atau kasus kerusakannya. Bila case merupakan kesalahan dari pabrik, maka pihaknya akan melakukan penggantian.

"Beberapa perlu ada investigasi lebih lanjut, kita akan tangani. Jadi tergantung kasusnya. Ada yang karena pemakaian, ada yang kena air laut, nah itu banyak case-nya. Makanya saya enggak bisa ngomong, case by case saja," kata Oktavianus dikutip dari Kompas.com, Selasa (15/8/2023).

Baca juga: Kemenhub Minta PT AHM Buka Posko Pengaduan Terkait Rangka eSAF yang Bermasalah

Senior Manager Corporate Communication PT Astra Honda Motor Rina Listiani saat dikonfirmasi juga mengatakan hal yang senada.

Ia menyampaikan, beberapa hal bisa menjadi faktor rangka eSAF berkarat atau patah. Namun, pihaknya perlu melakukan pemeriksaan secara langsung terhadap unit motor agar diketahui penyebabnya.

"Kami sarankan konsumen dapat melakukan pengecekan di AHASS (bengkel resmi motor Honda," kata Rina kepada Kompas.com, Selasa (15/8/2023).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com